Yamaha NMax

Berbagi Nasi Bungkus Bersama Komunitas Sebung Bandung

  Sabtu, 22 Juni 2019   Fira Nursyabani
Komunitas Sebung Bandung ketika melakukan kegiatan rutin mingguan hari Jumat di Taman Sejarah Kota Bandung. (Dok. Instagram/sebung_bdg)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Banyak cara bagi Anda yang ingin membantu sesama. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh Komunitas Sego Bandung. Komunitas ini merupakan salah satu komunitas berisikan anak-anak muda di Kota Bandung yang memiliki rasa sosialisme yang tinggi.

“Visi misi yang disampaikan dalam kegiatan kami adalah menyebarkan semangat berbaginya itu, small act big impact. Karena berbagi itu mudah dan gampang, hanya dengan sebungkus nasi itu bisa membahagiakan orang-orang disekitar kita,” jelas Koordinator Sebung Syamil Azman ketika ditemui di Taman Sejarah, Jumat (21/6/2019).

Setiap minggunya komunitas ini menyiapkan kurang lebih 60 bungkus nasi untuk di beri kepada yang membutuhkan. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap Jumat, pukul 20.00 WIB malam di Taman Sejarah Jalan Aceh Nomor 53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Kata sebung merupakan sebuah singkatan yang berasal dari bahasa Jawa, yaitu dari kata sego dan bungkus yang artinya sebungkus nasi. Komunitas Sebung ini awalnya ada di Kota Surabaya, namun sampai saat ini sudah menyebar di beberapa kota besar lainnya seperti Banyuwangi, Banjarmasin.

Sedangkan di Kota Bandung, komunitas ini berdiri pada 5 Februari 2017. Syamil juga menjelaskan selain kegiatan rutin mingguan, Komunitas Sebung memiliki beberapa kegiatan bulanan dan tahunan.

“Bulanan biasanya kita ke anak panti atau berkolaborasi dengan himpunan mahasiswa atau komunitas lain. Tahunannya memperingati anniversary Sebung,” tuturnya.

Komunitas Sebung juga menyediakan wadah untuk mengeksplorasi diri para anggotanya. Dengan melatih public speaking, menjadi penanggung jawab, dan juga menyediakan tempat untuk menceritakan pengalaman dari masing-masing anggota. (Siti Julaeha)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar