Yamaha Mio S

Mengenal Komunitas Gitar Klasik Preanger Guitarian di Kota Bandung

  Sabtu, 22 Juni 2019   Fira Nursyabani
Preanger Guitarian (Dok. Instagram/preanger_guitarian)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Lagu yang dibawakan oleh gitar klasik di Bandung memang sudah jarang di dengar sejak 2010-an. Alat musik yang sudah eksis sejak 70-an ini biasa dipakai dalam membawakan karya-karya solo musik klasik.

Di Bandung ada salah satu komunitas gitar klasik, dengan nama Preanger Guitarian. Preanger Guitarian berdiri sebagai wadah penggemar gitar klasik untuk mengapresiasi dan diapresiasi, serta untuk menjadi sarana edukasi masyarakat terhadap gitar klasik itu sendiri.

Komunitas yang ada sejak 6 November 2016 ini berusaha ikut merawat musik lokal, musik nasional, dan musik daerah dengan menggunakan instrumen musik gitar klasik.

Sang Koordinator Royke Ng. (37) menjelaskan, setelah dua tahun berjalan, ia sudah banyak di undang untuk mengisi beberapa program acara. “Yang terakhir jadi pembuka konser gitaris Itali, Giordano Passini, bulan Mei 2019. Bulan depan kami dipercaya untuk konser gitaris remaja,” jelasnya.

Untuk mengedukasi masyarakat, komunitas Preanger Guitarian memiliki beberapa program, yaitu edukasi Fun With Notation dan Talkshow Nongkrong Bareng Pregian. Selain itu Preanger Guitarian juga telah menggelar konser dengan tajuk The Beginning of the Pregian yang diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Harapannya bisa menjadi wadah untuk melakukan kegiatan positif bagi masyarakat dengan berkesenian, sambil membentuk mental positif seperti terbiasa dengan keberagaman, disiplin, tekun, kreatif, melatih budaya membaca, kerja sama dan lainnya melalui disiplin musik klasik,” tuturnya. (Siti Julaeha)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar