Yamaha

Mengenal UPT Puskesmas Tamblong Bekas Sekolah Zaman Belanda

  Jumat, 21 Juni 2019   Adi Ginanjar Maulana
UPT Puskesmas Tamblong di Jalan Tamblong No. 66, Bandung, Rabu (19/06/2019). (Dok. Sita Pebriani)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Bandung memang sangat kental dengan bangunan-bangunan tua bekas Belanda yang hampir bisa ditemui di daerah Bandung. Seperti UPT Puskesmas Tamblong yang berada di Jalan Tamblong Nomor 66 Bandung.

Puskesmas ini menempati gedung yang dahulunya peninggalan Belanda dan berdiri pada 1925. Gedung ini dulunya merupakan sekolah tingkat menengah Belanda yaitu Hogere Burger School (HBS).

Sekolah ini pada zaman Hindia Belanda dikhususkan untuk orang Belanda, Eropa, dan kaum elite pribumi dengan pengantarnya bahasa Belanda. HBS merupakan setara dengan MULO + AMS atau SMP + SMA, namun bedanya hanya 5 tahun.

Menurut Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 19 Tahun 2009 untuk saat ini gedung belum mengadakan pemugaran dikarenakan tidak boleh sembarang untuk melakukan pengubahan bentuk. 

“Paling di tahun 2017 kami mengadakan renovasi kecil-kecilan seperti ngecat tembok atau mengganti atap jika ada kebocoran, kita gaboleh sembaranga apalagi untuk merubah bentuk,” jelas Bagian Keuangan UPT Puskesmas Tamblong Tatang saat ditemui ayobandung.com  di UPT Puskesmas Tamblong, Rabu (19/06/2019).

Dahulu gedung ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu UPT Puskesmas Tamblong, Pusat Pelatihan Klinik Sekunder-Kesehatan Reproduksi (P2KS-KR) Rumah Sakit Hasan Sadikin, dan ada bagian yang di belakang yang dikuasai oleh masyarakat. Pada Oktober 2017, sehubungan persiapan untuk proses Akreditasi, dengan luas bangunan oleh UPT Puskesmas Tamblong saat itu tidak memungkinkan dikarenakan sempit akhirnya P2KS-KR menyerahkan luas bangunan kepada UPT Puskesmas Tamblong. Untuk saat ini UPT Puskesmas Tamblong memiliki luas 318,45 m2.

“Kalau untuk bagian belakang sih masih dikuasai oleh masyarakat jadi daridulu gedung ini di belakang memang sudah ada masyarakat yang menempatinya,” tutur Tatang.

UPT Puskesmas Cicendo menurut Peraturan Daerah Kota Bandung nomor 19 tahun 2009 tentang pengelolaan kawasan dan bangunan cagar budaya gedung ini menjadi bangunan cagar budaya kelas A Kota Bandung. Karena memenuhi 4 kriteria yaitu dari nilai sejarah, nilai arsitektur, nilai ilmu pengetahuan, nilai sosial budaya, dan usia bangunan minimal 50 tahun. Lalu pada tahun 2016 dipasang prasasti mengenai status UPT Puskesmas Tamblong sebagai cagar budaya.

“Di sini rata-rata ada ruangan kesehatan seperti, dari pintu depan ada ruang pendaftaran lalu di sebelah kanan ada ruang farmasi, ruang KIA, KB dan imunisasi, ruang kesehatan gigi dan mulut, lalu di sebelah kiri dari pintu depan ada ruang gawat darurat medis, ruang pelayanan umum dan ruang pegawai,” tutup Tatang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE