Yamaha Lexi

RUU Permusikan Resmi Ditarik dari Prolegnas 2019

  Kamis, 20 Juni 2019   Fira Nursyabani
Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan resmi ditarik dari daftar program legislasi nasional (prolegnas) RUU prioritas 2019, pada Senin (17/06/2019) lalu pukul 17.00 WIB. Pernyataan ini diunggah oleh Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang-Undang Permusikan (KNTL RUUP) melalui akun Twitter resmi @kntlruup.

AYO BACA : RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Dijadikan Komoditas Politik

“Benar, RUU Permusikan telah resmi ditarik/dicabut oleh DPR dari daftar program legislasi nasional prioritas 2019 pada rapat evaluasi antara Baleg DPR, DPD dan Kemenkumham pada 17 Juni lalu,” ujar Wendi Putranto, salah satu aktivis KNTL RUUP, setelah dikonfirmasi oleh ayobandung.com melalui surel, Rabu (19/06/2019).

AYO BACA : Boit Omuniuum: RUU Permusikan Rugikan Industri Musik Label Kecil

Dari press release yang dikeluarkan, Koalisi Seni Indonesia memandang polemik RUU Permusikan sebagai katarsis bagi para pemangku kepentingan industri musik nasional. “Perbaikan tata kelola industri mutlak diperlukan. Energi penolakan RUU Permusikan jangan sampai padam di sini, namun harus dikembangkan demi perubahan,” tutur Hafez Gumay, peneliti Koalisi Seni.

Langkah selanjutnya dari KNTL RUUP adalah bertemu dengan para praktisi musik yang ikut mendukung gerakan ini. Agenda utamanya adalah untuk membubarkan organisasi, karena misi utamanya sudah tercapai.

 “Kemungkinannya nanti bagi mereka yang tertarik untuk join lagi kami akan membentuk organ baru yang bertujuan untuk mewujudkan perubahan/perbaikan pada tata kelola industri musik Indonesia," ungkap Wendi.

Seperti yang diketahui, RUU permusikan sempat menimbulkan kontroversi dikalangan musisi karena kabar yang sangat mendadak, sontak hal ini membuat para musisi muda seperti Rara Sekar, Jason Ranti, Danila dan vokalis seringai Arian 13 menolak adanya RUU permusikan karena tidak adanya musyawarah terlebih dahulu. Mereka kemudian membentuk Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang-Undang Permusikan (KNTL RUUP). (Tiara Febrilia)

AYO BACA : RUU Permusikan Dianggap Penuh Pasal Karet

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar