Yamaha Lexi

Iwa Karniwa: Deregulasi Pembebasan Tanah Wakaf Percepat Pembangunan Jalan Tol

  Rabu, 19 Juni 2019   Nur Khansa Ranawati
Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan saat ini kendala pembebasan lahan yang termasuk ke dalam tanah wakaf untuk proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat dirampungkan dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Saat ini, tanah wakaf di kawasan Kabupaten Sumedang yang terkena proyek Cisumdawu tersebut masih dikoordinasikan untuk segera dibebaskan dengan penerbitan akta wakaf untuk ganti rugi oleh pemerintah.

AYO BACA : Kebut Cisumdawu, Sekda Jabar Fokus Selesaikan Seksi I

Namun, Iwa mengatakan, saat ini deregulasi telah disepakati untuk diterapkan dalam proses penerbitan akta wakaf tersebut. Sehingga, proses sebelumnya yang melibatkan pihak Kementrian Agama dan memakan waktu lama dapat dipersingkat melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama.

"Alhamdulillah yang semula harus dengan (tandatangan) Menteri Agama, sekarang sudah ada deregulasi sehingga penyelesaiannya cukup dengan Kanwil," ungkap Iwa ketika ditemui di Gedung Sate, Rabu (19/6/2019). 

AYO BACA : Meneropong Wajah Baru Pembangunan Jabar di Area Timur

Dia mengklaim, bila sebelumnya memerlukan waktu satu hingga dua tahun untuk mengurus surat ganti rugi tanah wakaf, dengan pemangkasan birokrasi tersebut, surat dapat rampung dalam waktu satu minggu.

"Dulu bisa satu sampai dua tahun mengurusnya, sekarang insyaallah apabila persyaratan lengkap, seminggu sudah bisa beres," jelasnya.

Aturan ini, Iwa mengatakan, tidak hanya berlaku terbatas untuk proyek Tol Cisumdawu, namun juga untuk proyek-proyek infrastruktur lainnya yang memiliki kepentingan pembebasan lahan. "Ini memang bukan hanya untuk Cisumdawu, tapi juga 15 jalan tol lain yang terkait dengan pembebasan lahan," ungkapnya. 

AYO BACA : Ridwan Kamil: Kolaborasi Jadi Kunci Akselerasi Pembangunan Tol Cisumdawu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar