Yamaha Aerox

Seberapa Sering Harus Mencuci Rambut Berdasarkan Jenis Rambut

  Selasa, 18 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi keramas.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Mencuci rambut atau keramas adalah perawatan rambut yang menjadi kebiasaan umum dan teratur dilakukan. Masalah bagi banyak orang tidak tahu tentang seberapa sering keramas harus dilakukan.

Setiap orang pasti sangat mencintai rambutnya,karena  rambut memberi dimensi keindahan pada penampilan kita. Dan karenanya setiap orang tidak ingin memiliki rambut yang rusak. Kadang-kadang kita melakukan kesalahan yang menyebabkan kerusakan rambut, akibat mencuci rambut yang salah. Mencuci rambut dengan waktu yang salah menyebabkan rambut kering dan juga menyebabkan berbagai masalah rambut seperti rambut rontok, rambut bercabang, dll.

Setiap orang memiliki jenis rambut berbeda dan karenanya cara menghadapinya juga akan berbeda. Berikut tips seberapa sering harus mencuci rambut berdasarkan jenis rambut Anda:

1. Rambut Berminyak - Setiap Hari

Jika Anda memiliki rambut berminyak, pasti sangat sulit untuk merawatnya. Kulit kepala Anda menghasilkan minyak berlebih sehingga membuat rambut menjadi berminyak. Dengan demikian Anda cenderung ingin mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut setiap hari membuat kulit kepala Anda tidak berminyak tetapi cenderung membuat rambut Anda rontok lebih banyak. Jadi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk rambut berminyak Anda adalah mencucinya setiap hari. Memcuci rambut tiap hari tidak akan membuat kulit kepala Anda kering terhindar dari rambut berminyak.

2. Rambut Kering - Dua Kali Seminggu

Rambut kering berarti rambut Anda tidak memiliki kelembaban yang dibutuhkan. Jadi yang bisa Anda lakukan adalah mencuci rambut dua kali seminggu, dengan interval 2-3 hari mana saja yang Anda inginkan. Tips yang bermanfaat saat menangani rambut kering adalah meminyaki vitamin rambut Anda setidaknya satu jam sebelum Anda mencucinya. Memilih shampo ringan jika memiliki rambut kering dan ingat pakai kondisioner setelah keramas.

3. Rambut Normal - Setiap Tiga Hari

Jika Anda memiliki rambut normal, Anda benar-benar beruntung. Jika rambut Anda tidak terlalu tebal, tidak berminyak, halus dan tidak kering, maka Anda memiliki rambut normal. Memang lebih mudah merawat rambut normal dibandingkan dengan jenis rambut lainnya. Dan bagian anehnya - Anda bisa mencuci rambut setiap tiga hari. Karena rambut Anda cenderung tidak terlalu berminyak atau terlalu kering, Anda bisa mencuci rambut setiap hari atau dua hari sekali. Mencuci rambut tergantung pada seberapa bersih atau kotor rambut Anda.

4. Rambut Tebal – Seminggu sekali

Jika Anda memiliki rambut tebal, cuci rambut Anda sekali dalam seminggu. Karena mencuci rambut tebal seminggu sekali mencegah penumpukan minyak di kulit kepala Anda. Selain itu, rambut yang tebal membutuhkan waktu untuk mendistribusikan minyak ke seluruh rambut Anda dan merata dibandingkan dengan rambut tipis atau berminyak. Dengan demikian, rambut Anda tidak mudah menjadi berminyak. Jadi, cobalah yang terbaik untuk mencuci rambut Anda sekali dalam seminggu. Boleh juga mencuci rambut dua kali seminggu, jika Anda merasa rambut Anda perlu dibersihkan.

5. Rambut Halus - Setiap hari bergantian

Hari Berlawanan dengan orang-orang dengan rambut tebal, seorang yang berambut halus perlu lebih sering mencuci. Rambut halus cenderung membuat akar berminyak, dan lebih terlihat minyaknya dibandingkan dengan jenis rambut lainnya. Dengan demikian, kita tergoda untuk mencucinya setiap hari. Tetapi, Anda seharusnya tidak melakukan itu. Ini akan merusak rambut Anda pada akhirnya. Jadi, mencuci rambut halus setiap hari bergantian (selang seling). Gunakan sampo ringan untuk keramas agar lembut di rambut Anda.

6. Rambut Keriting - Setiap Tiga Hari

Memiliki rambut keriting terlihat cantic, tetapi sulitnya untuk merawatnya. Rambut ikal cenderung berminyak pada akarnya dan kering di ujungnya. Ini karena ikal yang menyulitkan minyak untuk mencapai akar dan butuh waktu lebih lama bagi minyak untuk mencapai ujung, dan dengan demikian ujung rambut tetap kering. Jadi, jika Anda memiliki rambut keriting yang indah, cuci rambut Anda setiap tiga hari.

7. Rambut Bergelombang – Setiap Dua Hari

Rambut bergelombang atau ikal longgar lebih mudah dirawat dibandingkan dengan rambut keriting. Ketika rambut bergelombang mereka tidak memiliki kelembaban dan kulit kepala menjadi sedikit berminyak pada saat yang sama, cara terbaik untuk menangani rambut keriting adalah mencucinya pada setiap dua hari. Tapi, Anda harus memastikan untuk menggunakan sampo ringan untuk mencuci rambut dan jangan pernah lupa kondisioner untuk menghaluskan rambut.

8. Rambut Rusak - Setiap Tiga Hari

Jika rambut Anda rusak, Anda harus mencuci rambut setiap tiga hari. Mungkin ada banyak alasan di balik rambut rusak. Yang Anda butuhkan adalah berhati-hati untuk tidak merusak rambut Anda lebih dari yang sudah ada. Mencuci rambut yang rusak secara teratur hanya akan semakin merusak rambut dan membuat Anda memiliki rambut yang kering dan rapuh. Anda perlu membersihkan rambut Anda serta memastikan bahwa itu tidak dilepaskan dari minyak alami. Oleh karena itu, mencucinya setiap tiga hari dapat membantu Anda melakukannya. Tetapi Anda harus berhati-hati dengan shampo yang Anda gunakan dan cara merawat rambut Anda. Rambut yang rusak membutuhkan banyak kehati-hatian dan kesabaran.(Yuliana Nadiah Hamdan)

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar