Yamaha Lexi

Peuyeum, Makanan Khas Bandung dan Cerita di Baliknya

  Selasa, 18 Juni 2019   Andres Fatubun
Penjual peuyeum. (Vichela Regina)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Peuyeum, makanan olahan dari singkong ini merupakan makakan khas dari daerah Jawa Barat. Namun Peuyeum Bandung memiliki eksistensinya sendiri bagi para pengunjung yang datang ke Kota Bandung.

Jika berkunjung ke Bandung, anda akan menemukan Peuyeum Bandung ini di tempat yang menjual oleh-oleh khas Bandung. Namun, bagi warga Bandung sendiri kini mungkin sudah cukup sulit menemukan makanan dengan citarasa legit ini.

Beberapa tahun lalu pedagang peuyeum kerap kali kita temui berkelililng menjajalkan dagangannya di dearah perumahan. Kini keberadaan pedagang peuyeum keliling ini sudah jarang kita temui.

Untuk anda yang tinggal di daerah Pasir Jati nih khususnya, tidak perlu khawatir lantaran peueyem Bandung ini bisa kita temui setiap minggunya di Pasar Kaget Pasir Jati. 

Seorang pedagang peuyeum yang enggan disebutkan namanya bercerita tentang proses pembuatan peuyeum ini. Pertama singkong dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dikukus. Setelah itu diberi ragi lalu dibungkus dengan daun pisang dan diamkan selama 2 sampai 3 hari.

Selain itu ia juga bercerita bahwa tidak semua singkong bisa diolah menjadi peuyeum. 

“Yang enak mah singkong mentega. Nah singkong mentega ini yang biasa dibikin jadi peuyeum. Kalo pake singkong mentega ini nanti peuyeumnya warna kuning jadinya, alus”, ucapnya sambil meladangi pembelinya. 

Peuyeum Bandung ini bisa kita dapatkan dengan harga Rp. 10.000 - 20.000 per kilonya. Dilansir dari Serbabandung.com peuyeum yang dijual di pasaran ini berasal dari Dusun Babakan,  Dusun Panyandaan, Dusun Mandala, dan Dusun Cipaheut, di Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Keunikan rasa yang dimiliki peuyeum membuat makanan khas Bandung yang satu ini kerap dijadikan berbagai macam olahan makanan kekinian. Rasanya yang enak ini membuat peuyeum selalu memiliki tempat tersendiri di hati pembelinya.

Wati misalnya, salah satu pembeli peuyeum Bandung ini bercerita akan kesukaannya terhdapa peuyeum Bandung.

“Dari dulu saya suka banget sama peuyeum. Ini juga saya kesini hanya buat beli peuyeum saja”, ucap ibu rumah tangga tersebut. (Vichela Regina)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar