Yamaha NMax

Bandung Fighting Club Gudangnya Para Atlet Bela Diri

  Selasa, 18 Juni 2019   Andres Fatubun
Anggota Bandung Fighting Club (Dok. Instagram Bandung Fighting Club)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Bela diri adalah salah satu cabang olahraga yang digandrungi oleh banyak orang. Selain untuk olah tubuh, bela diri juga bermanfaat untuk melindungi diri sendiri dari berbagai ancaman kekerasan. 

Di kota Kembang, terdapat sebuah komunitas yang memiliki beragam aktivitas bela diri. Namanya Bandung Fighting Club (BFC) yang terbentuk pada Agustus 2003.

Menurut Founder Bandung Fighting Club (BFC), Edwin Senjaya, mengatakan bahwa ia mempunyai visi BFC yang pertama adalah sebagai media dakwah, karena setiap minggunya minimal seminggu sekali mengadakan kegiatan rutin seperti kajian, tilawah Al-Qur’an, karena ingin anggotanya untuk berhijrah.

Kedua, pembentukkan karakter manusia juga yang dulunya kurang baik menjadi lebih baik dan bisa bermanfaat untuk sekitar. Ketiga,  jalan untuk meraih pretasi dalam bidang olahraga dan selain itu juga akan membentuk manusia-manusia yang sehat dan kuat.

“Bandung Fighting Club ini ada di beberapa daerah seperti Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Sumedang dan di Jakarta juga ada. Jika ditotal keseluruhan anggotanya bisa mencapai sekitar 700-an,” ujar Edwin saat di temui ayobandung.com di Gedung DPRD Jalan Sukabumi, Bandung, Sabtu (17/09/2019).

Keanggotaan ini dibagi menjadi dua yaitu reguler untuk umum kelas ini bisa diikuti oleh siapa saja, tinggal daftar lalu latihan dan tidak ada pemungutan biaya, kelas reguler ini biasanya dari kalangan anak sekolah hingga dewasa. Ada pun kelas atlet petarung, petarung ini biasanya di golden age yaitu sekitar 20-tahunan dan atlet ini  kehidupannya hanya untuk latihan. Untuk kelas reguler biasanya setiap dua kali seminggu libur sedangkan atlet hanya satu kali seminggu.

Banyak kejuaraan yang diraih oleh BFC ini diantaranya, seperti banyaknya atlet nasional yang bermain di nomor sanda merupakan atlet dari BFC di wushu ini sudah beberapa kejuaraan seperti juara Pekan Olaharaga Daerah (PORDA), Pekan Olahraga Nasional (PON), bahkan kejuaran nasional sampai internasional dari cabang wushu mereka raih. Masih banyak kejuaraan lain seperti Jujitsu, Gulat, Muay Thai dan termasuk MMA.

Setiap tahunnya Bandung Fighting Club ini mengadakan event Duel dan tahun ini pada Agustus mendatang akan mengadakan Duel yang ke-5. BFC juga sering mengundang atlet luar untuk bertanding dengan atletnya sendiri, seperti atlet dari  Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Thailand, Filipina dan masih banyak lagi dan mayoritas dari BFC yang memenangkan laga tersebut.

“Tips menjadi petarung yang handal pertama, disiplin dari mulai pola hidup, latihan, sitirahat dan makan harus disiplin karena tidak ada juara yang tanpa disiplin, kedua harus mempunyai attitude yang baik atau mempunyai akhlak ini sangat penting untuk merendah hati, dan yang ketiga kepatuhan kita dalam beribadah kepada Allah SWT, karena semua kekuatan yang kita miliki itu sumbernya dari Allah SWT,” tutur Edwin.

Harapan yang diinginkan oleh Edwin kepada BFC ini adalah senantiasa dalam naungan Allah SWT, meridhoi pejuangan BFC dan juga BFC ini terus tetap eksis menjadi club bela diri yang profesional, dan juga kebaikan untuk masyarakat memberikan manfaat yang besar. Untuk tempat latihan ada di Batununggal Bandung, Kabupaten Bandung di Kecamatan Ibun, di Garut dan di Sumedang dan keempat tempat ini merupakan pusat latihan Bandung Fighting Club. (Sita Pebriani)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar