Yamaha Lexi

3 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

  Selasa, 18 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi kram perut saat menstruasi. (verywellhealth)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kram perut saat menstruasi terjadi ketika dinding rahim mengencang dan mendorong selaput agar terlepas dari dinding rahim.  

Seorang ginekolog dan juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, Dr Caroline Overton, mengatakan sensasi rasa sakit disebabkan oleh kontraksi dinding Rahim yang menekan pembuluh darah yang sementara memutus suplai darah, dan dengan demikian oksigen melaju ke rahim.

Overton menekankan bahwa menstruasi tidak teratur karena memiliki kebiasaan hidup sehari-hari Anda yang buruk atau memiliki pekerjaan yang berat. Maka Anda harus mengubah cara dalam kehidupan sehari-hari, mengurangi beban pekerjaan atau kegiatan sosial dan mengubah kebiasaan Anda dengan hidup sehat, maka menstruasi Anda akan teratur dan tidak sakit. 

Diperkirakan bahwa hingga 20% wanita mengalami sakit saat menstruasi. Berikut 3 cara mengatasi kram perut saat menstruasi:

Minum obat
Bolehkan minum obat penghilang rasa sakit? seperti parasetamol sering dipakai oleh wanita saat menstruasi. Dr Anita Mitra, seorang ginekolog dan penulis mengatakan “selama mereka mengonsumsi dengan dosis yang tepat, dan aman untuk dikonsumsi. Boleh boleh saja.” 

Namun sebaiknya meminum obat yang herbal. Sebuah studi tahun 2012 yang meneliti efek jahe pada nyeri kram menstruasi menemukan bahwa itu memiliki efek yang signifikan secara statistik dalam mengurangi intensitas dan durasi rasa sakit. Mereka yang meneliti menggunakan bubuk jahe hasilnya rasa sakit berkurang dan dibandingkan dengan yang tidak menggunakan jahe, hal ini menunjukkan bahwa jahe bisa efektif jika diminum tiga hari sebelum menstruasi atau diminum setelah menstruasi.

Olahraga Ringan
“Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga tidak mengalami rasa sakit pada saat menstruasi, maka penting untuk wanita jika berolahraga dengan rutin yaitu setiap bulan,” kata Mitra, dia mengatakan meskipun wanita merasa tidak enak ketika berolahraga saat menstruasi. NHS menyarankan olahraga ringan sebelum menstruasi harus dilakukan seperti berenang, berjalan atau bersepeda. Selain itu teknik relaksasi seperti yoga atau Pilates juga bisa membantu untuk mengatasi nyeri haid.

Minum air hangat
"Dehidrasi dapat memperburuk kram pada perut, jadi wanita harus memastikan mereka minum banyak air, dan mengonsumsi teh dan kafein dalam jumlah sedang," kata Overton. Selain membantu hidrasi, teh herbal juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Mandi air hangat juga bisa membantu meringankan kram perut saat haid, karena dapat memanaskan gumpalan darah dan bisa juga menggunakan krim untuk meredakan nyeri otot yang meregang pada perut Anda.(Yuliana Nadiah Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar