Yamaha NMax

Mantan Presiden Mesir Mohamed Mursi Meninggal Saat Jalani Sidang

  Selasa, 18 Juni 2019   Fira Nursyabani
Mohamed Mursi (REUTERS/Nile TV via Reuters TV)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mantan Presiden Mesir Mohamed Mursi dikabarkan telah meninggal dunia pada Senin (17/6/2019). Kepala negara pertama yang terpilih secara demokratis dalam sejarah modern Mesir itu wafat di usia 67 tahun, setelah pingsan di pengadilan Kairo seusai menjalani sidang atas tuduhan spionase.

AYO BACA : Arkeolog Mesir Temukan 50 Mumi

Mursi, tokoh utama Ikhwanul Muslimin yang kini menjadi organisasi terlarang, mendekam di balik jeruji besi sejak digulingkan oleh militer pada 2013. Ia dipenjara setelah hampir satu tahun berkuasa, menyusul protes massa yang menentang pemerintahannya.

AYO BACA : Arkeolog Temukan Peti Mati Raksasa di Mesir

Jaksa penuntut umum mengatakan Mursi pingsan di ruang persidangan setelah berbicara di hadapan para hakim. Ia kemudian dinyatakan meninggal di rumah sakit pada pukul 16.50 waktu setempat. Pihaknya mengatakan pemeriksaan awal tidak menunjukkan adanya luka baru di tubuh Mursi.

Ikhwanul Muslimin menggambarkan kematian Mursi sebagai sebuah insiden pembunuhan murni. Mereka juga meminta agar masyarakat Mesir berkumpul menghadiri pemakamannya dan mendatangi Kedutaan Besar Mesir di seluruh dunia.

Keluarga sebelumnya menuturkan bahwa kesehatan Mursi di penjara memburuk dan mereka jarang sekali diizinkan untuk mengunjunginya.

AYO BACA : Iran Cap Semua Tentara AS di Timur Tengah Sebagai Teroris

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar