Yamaha Lexi

10 Bahan Alami untuk Usir Si Kutu Busuk

  Senin, 17 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi tungau atau kutu busuk.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kutu busuk atau tungau adalah adalah serangga yang berbentuk oval kecil, pipih dan berwarna coklat dengan panjang sekitar 5 mm yang menjijikan. 

Selain menimbulkan bau yang khas, kutu busuk kerap "berkoloni" di sela-sela tempat tidur yang membuat noda sulit dibersihkan.

Mereka biasanya muncul di malam hari, merangkak keluar dari celah-celah kasur di malam hari kemudian memakan darah manusia yang menyebabkan kulit kita terkena gigitan kutu busuk.

Di bawah ini tercantum beberapa solusi untuk menghilangkan kutu busuk atau tungau.

1. Membersihkan Kasur
Bersihkan tempat tidur secara rutin dan gunakan vacuum cleaner agar disedot hingga sela-sela kasur Anda. Selanjutnya tutup kasur dengan plastik atau dengan bantuan beberapa tas Ziploc. Tutup pelindung selama sekitar satu minggu. Hal ini, akan mencegah tungau keluar dari Kasur dan membuat tungau kelaparan karena tidak dapat makanan yang pada akhirnya akan menyebabkan mereka mati kelaparan.

2. Membersihkan area sekitar kasur
Tungau tidak hanya berada di seprai tetapi juga bisa bersembunyi di furnitur, gorden, dan kotak kardus di bawah tempat tidur atau pada pakaian yang terletak di keranjang cucian. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kutu busuk adalah menjaga ruangan tetap bersih dari debu. Simpan pakaian di tempat yang tertutup rapat. Usahakan membersihkan seluruh ruangan dengan secara berkala atau secara teratur.

3. Minyak kayu putih
Minyak kayu putih adalah solusi mudah jika terjadi serangan. Ambil dua puluh tetes minyak kayu putih dan encerkan dengan 200 ml air kemudian semprotkan campuran ini ke daerah yang terkena tungau. Minyak ini tidak hanya membunuh mereka, tetapi juga memungkinkan untuk menutupi bau manusia yang biasanya akan menarik kutu busuk. Terus lakukan proses ini selama setidaknya 10 hari.

4. Baking soda
Baking soda yang biasa kita gunakan untuk membuat kue di dapur. Baking soda dapat membunuh tungau yang biasa berada di tempat tidur. Ambil soda kue dalam jumlah banyak dan taburkan ke area yang terkena kutu busuk. Simpan selama beberapa hari dan jika perlu lakukan taburi lagi setiap hari. Soda kue membantu dalam mengeringkan kulit secara fisik sehingga menyebabkan tungau mati.

5. Cuka
Aroma cuka yang kuat sangat membantu untuk mengusir serangga. Cara yang ideal adalah menjenuhkan cuka di ujung-ujung area yang terinfeksi seperti di bawah dan di sekitar furnitur dengan cuka. Dengan cara ini ketika serangga melarikan diri karena mencium bau nyengat dan akhirnya tidak kembali karena mereka tidak tahan bau cuka. Cobalah setidaknya selama satu minggu dan ulangi proses lagi setelah seminggu untuk hasil yang optimal.

6. Alkohol
Alkohol adalah obat rumahan yang populer untuk kutu busuk. Simpan alkohol di bagian tepi tempat tidur Anda, di bawah dan di sekitar furnitur secara menyeluruh dengan alkohol di sekelilingnya. Ketika tungau menghirup aroma alkohol yang menyengat maka akan mati.

7. Boraks
Pertama, simpan boraks pada kasur dan segera setelah itu semprotkan air di atasnya untuk mengusir kutu busuk. Praktikkan hal ini setiap hari selama lima hari untuk mendapatkan hasil yang baik. Boraks juga dapat digunakan untuk mencuci pakaian dan seprai yang telah terkena dampak tungau. Tambahkan beberapa di antaranya bersama bubuk detergen cuci dan keringkan. Tungau akan hilang selamanya.

8. Garam
Garam adalah penolak alami lainnya untuk kutu busuk. Begitu Anda menyemprotkan garam maka serangga yang merayap di sekitar Anda akan mati sekejap, tungau akan langsung sekarat dalam waktu singkat. Garam adalah cara ampuh menghilangkan tungau.

9. Bawang
Buat jus bawang dan oleskan ke seluruh area yang dilalui tungau. Aroma kuat jus bawang memotong zona pernapasan serangga.

10. Daun Lavender
Bau lavender ini mengusir tungau dengan cepat. Cukup letakkan daun lavender kering di antara dua potong kain dan simpan di sekeliling tempat tidur. Terus lakukan setiap hari selama sekitar 15 hari. (Yuliana Nadiah Hamdan)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar