Yamaha Lexi

Polusi Sebabkan Asma pada Anak

  Senin, 17 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi polusi. (istock)

LONDON, AYOBANDUNG.COM -- Menurut sebuah penelitian, satu dari lima kasus asma pada anak-anak disebabkan oleh polusi lalu lintas. Itu berarti, empat juta anak menderita asma dalam satu tahun. Setara dengan 11.000 kasus baru setiap harinya.

Nitrogen dioksida, yang berasal dari knalpot kendaraan adalah salah satu penyebab kasus ini. Kota-kota besar di Inggris seperti London dan Manchester memiliki polusi yang tidak baik untuk paru-paru.

Mungkin sama hal nya dengan kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan sekitarnya yang sudah banyak terkontaminasi polusi lalu lintas. 

Anak-anak di London membantu para ilmuwan yang mencari tahu lebih banyak tentang apa yang diakibatkan polusi pada tubuh manusia. 

Lalu penelitian tersebut diunggah dalam jurnal Lancet Planetary Health dan ini merupakan penelitian pertama tentang polusi lalu lintas yang menyebabkan asma pada anak.

Penelitian ini menunjukan 29% anak di London dan 23% anak di Manchester mengidap asma karena polusi lalu lintas. Dari 194 negara yang diteliti, Inggris menduduki posisi ke 24 sebagai negara yang memiliki polusi yang dapat menyebabkan asma pada anak.

Diperkirakan polusi lalu lintas menyebabkan kualitas udara menjadi buruk dan anak akan sulit bernapas. Hal ini terjadi pada anak yang tinggal atau sering melewati daerah yang banyak mengandung polusi. 

Dr. Ploy Achakulsiwut dari Universitas George Washington  di Amerika mengatakan negara yang mengurangi polusi lalu lintas cenderung memiliki peningkatan kesehatan pernapasan pada anak-anak.

Dalam upayanya, di Shenzen China menggunakan layanan bus elektrik. Sementara di London telah dibuat Ultra-Low Emission Zone. (Sofa Marwati)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar