Yamaha Lexi

Cavcraft, Kerajinan Kulit Asal Bandung Yang Diminati Hingga Asia

  Senin, 17 Juni 2019   Rizma Riyandi
Berbagai Macam Produk Kerajinan Kulit Cavcraft yang berada di Jalan Trs Ciliwung No.17, Babakan Ciamis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Bandung banyak melahirkan berbagai macam kerajinan yang unik yang tentunya diminati masyarakat Indonesia hingga Asia. Salah satu produk kerajinan kulit yang cukup menarik adalah Cavcraft.

Sejak 2010, Ridzky Ahdan mulai menekuni kerajinan kulit berbahan kulit sapi tersebut yang ilmunya diturunkan dari ayahnya. Berbagai macam produk kerajinan yang dijual antara lain seperti dompet, name tag, jaket, tas hingga sabuk tinju.

"Kalo kata orang yang bikin beda itu jaitannya karena dijait oleh tangan langsung dan bentuk produknya tidak seperti biasanya yang memanfaatkan bahan sisa karena mikirnya ada bahan dulu baru dibuat bentuk seperti apa," jelas Ridzky saat ditemui Minggu (16/06/2019).

Ridzky mendapatkan bahan kulit sapi tersebut langsung dari Cibaduyut. Selain itu, sistem pengerjaan produk kerajinan melalui custome yang memanfaatkan barang sisa.Pengerjaan membutuhkan waktu hingga tujuh hari dan tergantung tingkat kerumitannya.

Lebih lanjut, pendistribusian produk kerajinan cavcraft melalui online dan kini kerajinan sudah diminati dan terjual di berbagai kota di Indonesia bahkan merambah hingga Jepang, Singapura  dan Malaysia.

"Kalo untuk kesulitan dalam proses pembuatan kerajinan itu ketika lapisan kulit yang tebal pastinya kan berpengaruh dengan jahitannya, apalagi emang dijaitnya dengan tangan langsung," jelas Ridzky.

Produk Kerajinan kulit yang berada di Jalan Trs Ciliwung No.17, Babakan Ciamis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung ini menjual produk dengan kisaran harga dari yang termurah Rp 10.000 hingga yang paling mahal Rp 2.000.000 tentunya tergantung tingkat kerumitan dan jumlah bahan yang digunakan. 

Dalam usaha kerajinan cavcraft ini tentunya Ridzky mempunyai banyak rencana untuk kedepannya. "Nantinya berniat akan ada kolaborasi antara  kerajinan kain ikat dan kerajinan kulit," pungkasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar