Yamaha Lexi

6 Tips Membersihkan Perhiasan Emas Dan Perak

  Senin, 17 Juni 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Memberihkan emas dan perak merupakan hal yang sering dilupakan, nyatanya membersihkan emas dan perak merupakan bagian penting yang harus anda lakukan. Saat ini, sebagian besar orang menggunakan perhiasan karena memiliki desain modern sehingga menjadikannya bagian yang tak terpisahkan dari pakaian wanita. 

Sama seperti bagaimana tubuh, kita membutuhkan perawatan. Karena banyaknya kotoran, polusi, dan debu di lingkungan,yang menempel ke perhiasan emas dan perak Anda membuat perhiasan cenderung kotor.

Jika bukan debu, setelah menggunakan perhiasan untuk jangka waktu yang lebih lama, ia cenderung kehilangan kilau. Untuk memulihkan dan menghidupkan kembali kilau dari perhiasan perak dan emas Anda, berikut adalah beberapa cara mudah untuk membersihkannya seperti dikutip dari boldsky.

1. Cairan Pencuci Piring

Setiap rumah tangga pasti memiliki cairan pencuci piring, yang biasa kita gunakan untuk mencuci peralatan. Menggunakan cairan pencuci piring adalah agen penting dan kuat yang dapat membersihkan perhiasan emas. Ambil satu mangkuk berisi air hangat. Kemudian tambahkan beberapa cairan pencuci piring dan rendam emas dalam larutan ini selama beberapa waktu. 

Lalu ambil sikat gigi dan kemudian sikat di tepinya, sehingga kotoran keluar dengan mudah. Setelah itu, rendam perhiasan dalam air bersih dan bersihkan dengan kain bersih dan lembut. Ini adalah salah satu solusi termudah namun ampuh untuk membersihkan perhiasan emas.

2. Pasta gigi

Menggunakan pasta gigi adalah obat yang mudah untuk digunakan dan harga yang murah untuk membersihkan emas. Anda dapat mengambil sedikit pasta gigi dan mengoleskannya pada perhiasan. Kemudian, gosok perhiasan menggunakan sikat gigi dan sikat hingga masuk ke ujung dan sudut perhiasannya. 

Gunakan pasta gigi ringan, sehingga membantu menghilangkan kotoran dengan mudah tanpa membuat ornamen hilang pada kilauannya. Kemudian, rendam perhiasan dalam air hangat selama 5 menit. Tepuk kering dengan kain lembut.

3. Amonia

Ambil sedikit bubuk amonia dan campur dengan air hangat. Selanjutnya, rendam perhiasan emas Anda dalam campuran bubuk ammonia dengan air hangat ini dan ambil perhiasan dalam waktu kurang dari dua menit. 

Bersihkan tepi dan sudut menggunakan sikat dan cuci dengan air bersih. Amonia membantu membersihkan perhiasan emas dengan mudah; tapi pastikan perhiasan itu tidak memiliki mutiara atau permata apa pun yang melekat padanya.

4. Mandi Garam

Mandi garam sangat baik untuk mencuci perhiasan perak Anda. Ambil air panas dan tambahkan garam ke dalamnya. Sekarang rendam semua perhiasan perak dalam campuran tersebut dan tunggu sebentar. 

Ambil sikat dan bersihkan sudut-sudut perhiasan dan cuci sekali lagi dengan air bersih. Ini adalah salah satu cara murah, tercepat untuk membersihkan perhiasan perak.

5. Cat Perak

Menggunakan cat perak adalah salah satu metode tren untuk membersihkan perhiasan perak. Poles perak sudah tersedia di pasar yang membantu membersihkan ornamen perak Anda. Ini membantu menghilangkan noda terberat pada perhiasan dan juga menghilangkan kotoran dengan mudah. 

Ambil sedikit cat polesan dan oleskan pada perhiasan. Sekarang, bersihkan dengan kain dan bilas dengan air dingin nanti. Pastikan Anda tidak menggunakan cat kuku, karena dapat memudarkan warnanya.

6. Aluminium Foil

Ambil beberapa foil simpan di atas mangkuk. Kemudian simpan perhiasan perak diatas foil dan taburkan soda kue di atasnya. Kemudian, ambil air mendidih dan tuangkan ke perhiasan perak. 

Air mendidih akan memungkinkan noda untuk ditransfer dari perhiasan ke kertas timah. Lakukan ini beberapa kali untuk membersihkan perhiasan dan menyimpan kilauannya. Ini adalah beberapa cara mudah dan cepat untuk membersihkan perhiasan perak dan emas Anda.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar