Yamaha Aerox

Begini Cara PMI Kembalikan Keceriaan Anak-anak Korban Banjir Konawe

  Minggu, 16 Juni 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Relawan PMI memberikan dukungan psikososial atau psychosocial support program (PSP) kepada korban banjir di Konawe, Sulawesi Tenggara. (Dok. Atep Maulana)

Pasca bencana banjir yang melanda Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten konawe mengerahkan sejumlah personil relawannya untuk memberikan dukungan psikososial atau psychosocial support program (PSP) kepada korban banjir. Salah satunya seperti yang dilakukan di Desa Wawoone, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe.

"Kegiatan pendampingan PSP ini diharapkan mampu memulihkan kondisi psikologis dan menghibur warga korban banjir terutama untuk kalangan rentan seperti anak anak di lokasi pengungsian," ungkap Yunardin, kordinator lapangan (korlap) PMI kabupaten Konawe.

Menurutnya, upaya ini dilakukan PMI dengan bekerja sama dengan stakeholder dan pemerintahan kabupaten (Pemkab)  sebagai langkah respon tanggap darurat dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan psikososial individu maupun masyarakat agar tetap berfungsi optimal pada saat mengalami krisis dalam situasi bencana.

Ia mengungkapkan bentuk kegiatannya diberikan kepada kelompok masyarakat rentan seperti anak-anak, remaja, dewasa dan lansia dengan melakukan terapi permainan dan hiburan. Mereka mengajak anak-anak korban banjir bernyanyi bersama, menari, dan menggambar.

"Tujuan utamanya agar masyarakat, khususnya anak-anak terdampak banjir selalu ceria walaupun mereka tinggal di tempat pengungsian," katanya.

Ditambahkan yunardin. Selain melakukan pendampingan PSP, pihaknya juga mengerahkan relawannya untuk membantu proses distribusi bantuan logistik, serta diperbantukan di posko dapur umum bersama Baznas yang sudah di dirikan di lokasi pengungsi SMA 1 Pondidaha.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar