Yamaha NMax

8 Cara Tingkatkan Pertumbuhan Badan Anak

  Minggu, 16 Juni 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi. (Pixabay/Sasin Tipchai)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Orang tua selalu memperhatikan kesehatan anak-anak, terutama pada tahap awal pertumbuhan. Tak sedikit anak-anak yang lebih menyukai makanan cepat saji dibandingkan dengan makanan rumahan yang sehat.

Namun, makan makanan bernutrisi tetap lebih penting bagi mereka, karena nutrisi yang tepat dapat membantu pertumbuhan mereka secara keseluruhan. Karena tinggi badan menjadi prioritas penting dalam pertumbuhan, maka penting bagi orangtua untuk menjaga asupan makanan anak-anaknya.

Tumbuh kembang anak dalam Human Growth Hormone (HGH) yang sangat baik adalah antara usia 3 dan 11 tahun. Usia itu adalah waktu yang ideal untuk mempraktikkan latihan yang memungkinkan pertumbuhan dan makanan.

Berikut cara yang bisa dicoba untuk membantu meningkatkan pertumbuhan tinggi badan anak, seperti dikutip dari Boldsky, Minggu (16/6/2019).

1.      Makan makanan bergizi

Makan makanan bergizi merupakan faktor yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh anak sebagai makanan yang tepat, dan memiliki nutrisi lengkap. Makanan seimbang yang terdiri dari susu, telur, sayuran berdaun, oatmeal, dll, mengandung vitamin, karbohidrat, protein dan lemak.

Hal ini merupakan tanggung jawab seorang ibu untuk membuat anak-anak makan makanan bergizi seperti sayuran, protein tanpa lemak dan karbohidrat yang baik dan menjauhkan anak dari makanan cepat saji. Minuman manis, cokelat, burger, pizza lebih berbahaya bagi anak-anak.

Pola makan yang baik, kaya akan mineral dan antioksidan yang meningkatkan kekebalan anak. Ini memfasilitasi sekresi HGH dalam proporsi yang tepat, yang memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

2.      Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat

Protein dianggap sebagai bahan pembangun tubuh kita. Vitamin B3 juga merupakan unsur penting yang baik untuk pertumbuhan. Makanan mengandung protein seperti ayam, telur, kacang kedelai, lentil, kacang merah, Ikan tuna, jamur, kacang hijau, alpukat, kacang tanah, dll. Adalah sumber vitamin B3 yang sangat baik.

3.      Melakukan aktivitas peregangan

Peregangan merupakan aktivitas yang mudah untuk dilakukan, dan memiliki dampak besar pada pertumbuhan anak-anak. Peregangan harus diperkenalkan pada anak dari awal; hal ini akan membantu pemanjangan tulang belakang dan perbaikan postur.

Latihan yang bisa mudah seperti berdiri tegak di ke dinding, menyentuh jari kaki sambil berdiri dan menjaga punggung lurus, dll.

4. Latihan gantung

Gantung adalah aktivitas yang membantu memanjangkan tulang belakang dan hal ini telah dipraktikkan sejak lama; melakukannya secara teratur dapat membantu menjadi tinggi.

Selain itu, jika kegiatan seperti pull up, push up dan chin up diperkenalkan dalam rutinitas anak-anak, otot punggung dan lengan mereka akan menjadi lebih kuat, sehingga mereka akan sehat dan bugar.

5. Latihan yoga

Yoga telah dipraktikkan sejak zaman kuno untuk meregangkan tubuh dan menjaga keseimbangan; hal ini adalah latihan yang bagus untuk memulai olahraga. Ada banyak pose yoga yang bermanfaat dalam memperkuat anak dan membuat pertumbuhan anak lebih tinggi.

Latihan yoga membuat seluruh tubuh dalam fluiditas, melatih semua otot punggung, tulang belakang, lengan, dan kaki. Contoh yoga seperti mengangkat punggung mereka membentuk bentuk melengkung, dengan struktur seperti-U. Latihan ini memberikan tulang belakang dan otot inti yang kuat dan membantu pertumbuhan yang cepat.

6.      Skipping

Skipping adalah kegiatan yang luar biasa untuk menjaga anak-anak tetap sehat dan bugar. Ini merefleksikan seluruh tubuh dan membantu menjaga kesehatan jantung. Latihan ini membantu meregangkan seluruh tubuh, sehingga meningkatkan pertumbuhan vertikal anak.

7.      Jogging ringan dan lari

Berlari adalah kegiatan yang menyenangkan, yang tidak hanya baik untuk anak-anak, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa. Lari dapat membangun otot-otot tulang, dan meningkatkan stamina pada anak-anak.

Ini juga melepaskan hormon pertumbuhan HGH dalam jumlah yang baik, sehingga anak-anak bisa menjadi lebih tinggi. Anak-anak akan sukai lari jika orang tua menemani mereka dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

8.      Tidur cukup

Tidur memainkan peran penting dalam pertumbuhan anak-anak. Penting bagi anak untuk tidur setidaknya selama delapan jam, sehingga ia dapat tumbuh secara normal dan pulih dari kelelahan.

HGH, hormon pertumbuhan, biasanya dikeluarkan selama jam tidur anak. Karena itu, pentingnya anak tidur cukup dan tidak melewatkan jam tidur. Orang tua harus menghindari gaya hidup yang tidak teratur dan menanamkan pola makan yang sehat untuk anak-anak dan diri mereka sendiri. Ini pada akhirnya akan membuat anak tumbuh tinggi dan kuat. (Yuliana Nadiah Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar