Yamaha Lexi

Cara Mudah Berkebun Sendiri di Rumah

  Minggu, 16 Juni 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi berkebun sendiri. (Irfan Al-Faritsi/ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jika kita melihat taman yang indah pasti akan memiliki perasaan yang senang, dan terlepas dari rasa stress yang sedang anda hadapi. Dalam kehidupan kota yang modern saat ini, satu-satunya cara untuk mendapatkan keindahan yang berbau alam yaitu berkebun sendiri di rumah.

Anda dapat berkebun apa saja, sesuai dengan apa yang anda sukai, entah menanam tumbuh-tumbuhan, sayuran, buah-buahan, bunga hias dan lain lain. Namun keuntungan jika kita menanam sayuran adalah kita dapat memetik hasilnya dan bisa langsung dimasak.

Selain itu, sayuran yang ditanam sendiri terjamin tidak mengandung pestisida dan bahan kimia, dan pastinya lebih segar dibandingkan dengan sayuran di pasar.

Pada zaman modern ini orang-orang sibuk untuk bekerja sehingga lupa akan gaya hidup sehat. Berkebun merupakan salah satu cara agar kita dapat menjalani hidup ini dengan lebih sehat. Berikut tips berkebun sendiri di rumah, seperti dilansir di Boldsky, Minggu (16/6/2019).

1.      Gunakan pot plastik

Pot plastik adalah salah satu media terbaik dan efisien untuk berkebun, baik berkebun cara organik maupun anorganik. Anda bisa menyimpan tanaman langsung di dalam pot plastik. Jika pot sudah rusak, Anda dapat langsung memindahkan tanaman ke pot yang baru. Dengan begitu, tanaman Anda akan memiliki nutrisi yang cukup.

2.      Gunakan gabus

Gabus adalah suatu hal umum yang dapat ditemukan di sekitar rumah kita. Namun, kebanyakan dari kita tidak sadar kegunaan fungsi gabus untuk berkebun. Gabus ternyata dapat membuat tanaman tumbuh jauh lebih baik.

3.      Gunakan garpu plastik

Salah satu cara untuk melindungi tanaman dari hama adalah dengan memasang garpu plastik di dalam dan di sekitar tanah. Dengan demikian Anda membentuk batas pertahanan yang sangat baik untuk tanaman anda. Namun, harus dipastikan juga, jangan menggunakan garpu plastik terlalu banyak untuk tanaman Anda.

4.      Menanam lebih dari satu tanaman

Sama halnya dengan manusia, tanaman juga membutuhkan teman untuk hidup dan Anda bisa menanam lebih dari satu tanaman. Hal ini membuat tanaman merasa punya teman yang sama untuk berkembang. Tanaman-tanaman itu juga cenderung menguntungkan satu sama lain ketika mereka tumbuh berdekatan. Anda harus mengetahui teman tanaman mana yang cocok untuk tumbuhan Anda.

5.      Siram dengan air sisa

Manfaat menyiram tanaman dengan air sisa adalah menghindari pemborosan air tawar di permukaan bumi. Air sisa yang bagus untuk tanaman salah satunya adalah air sisa bilasan mencuci buah-buahan dan sayuran atau air bekas merebus telur. Hal tersebut dikenal dapat meyegarkan tanaman dengan cara yang lebih efekif. Secara alami air sisa dapat membuat kebun Anda menghasilkan hasil panen yang baik.

6.      Simpan benih dalam nampan

Tanaman cenderung tumbuh jauh lebih baik ketika mereka ditempatkan dengan tepat. Untuk itu sebaiknya gunakan nampan untuk menyimpan benih sebelum dipindahkan ke dalam pot. Anda bisa menabur benih sayuran di atas nampan sebelum dipisahkan guna berkembang lebih besar lagi. Hal sederhana ini memastikan bahwa sayuran akan tumbuh lebih baik.

7.      Gunakan Karton untuk menyingkirkan rumput

Karton adalah media yang baik untuk menyingkirkan rumput liar. Rumput yang tumbuh dianggap sebagai hama yang akan mempengaruhi perkembangan tumbuhan tersebut. (Yuliana Nadiah Hamdan)  

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar