Yamaha Lexi

Jalan ABC, Pusat Barang Elektronik dan Arloji Lawas di Bandung

  Minggu, 16 Juni 2019   Fira Nursyabani
Jalan ABC, Pusat Barang Elektronik dan Arloji Lawas di Bandung. (Dok. Jaka Jamalludin Yusuf)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Berbicara soal Kota Bandung memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari cuaca yang sejuk, tempat-tempat wisata yang unik, sampai dengan kuliner yang membuat mulut ketagihan akan citra rasanya.

Selain ketiga hal tersebut, Bandung juga memiliki pusat perbelanjaan yang memang sudah terkenal sejak jaman dahulu. Seperti Jalan ABC Kota Bandung yang terkenal dengan setra industri lensa kacamata, jam tangan/arloji, sampai dengan pusatnya barang-barang elektronik rumahan seperti TV, Kulkas, Mesin Cuci dan masih banyak lagi.

Selain toko-toko yang sudah berdiri puluhan tahun, tidak sedikit juga pedagang kaki lima (PKL) yang ikut berjualan. Mereka biasa berjualan makanan, jam tangan/arloji, lensa kacamata, sampai dengan peralatan elektronik seperti remote tv.

Umumnya PKL selalu kalah saing dari toko-toko besar karena adanya perbedaan kualitas barang. Namun lain halnya dengan PKL di Jalan ABC ini, yang justru banyak digandrungi pembeli, terutama di akhir pekan.

“Ah tidak atuh, kan rezeki sudah ada yang mengatur. Untuk apa memiliki perasaan tersebut,” ujar Entis kepada ayobandung.com pada Minggu (15/6/2019), menanggapi adanya persaingan dengan toko-toko di sekitar.

Para pengunjung yang datang ke jalan ini memiliki berbagai macam tujuan, baik hanya untuk servis barang pribadinya seperti jam tangan atau lensa kacamata, atau untuk mencari arloji-arloji yang unik dan jadul, serta mencari barang elektronik rumahan lainnya.

“Biasa ke sini untuk servis murah, dan sekalian nyari-nyari jam tangan yang keliatan jadul gitu. Siapa tahu nemu lagi, soalnya pernah nemu juga,” kata Hendra seorang pengunjung di Jalan ABC.

Selain itu, Hendra juga menuturkan bahwa untuk harga jasa servis di sini bervariasi mulai dari harga Rp7.000 sampai dengan Rp20.000, tergantung kerusakan jam tangannya. Jika untuk jam tangan yang terlihat lawas ia mengatakan pernah membelinya hanya dengan harga Rp200.000 untuk satu jam tangan.

Tak hanya mencari jam tangan dengan tampilan lawas, pengunjung juga biasa mencari kacamata lawas di kawasan ini. “Biasa mas benerin kacamata, mungpun libur. Ketambah murah ko harganya dan kualitasnya juga lumayan,” tutur Fitri salah satu pengunjung yang selsai mengganti lensa kacamata, kepada ayobandung.com pada Minggu (15/6/2019).

Untuk harga ganti lensa, Fitri mengatakan bahwa hal tersebut tergantung selera merk dan tinggi rendahnya minus mata pengunjung. Maka tidak heran jika PKL di Jalan ABC banyak digandrungi pengunjung atau para kolektor arloji yang mencari barang lawas. (Jaka Jamalludin Yusuf)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar