Yamaha Aerox

Pasar Ikan Akan Tambah Produksi Ikan Olahan Kabupaten Bandung

  Minggu, 16 Juni 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi pasar ikan. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung menargetkan pasar ikan di Soreang bisa beroperasi pada Agustus mendatang. Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung Roza Delwina mengatakan, saat ini pasar ikan Kabupaten Bandung masih dalam tahap penyelesaian.

"Sedang dalam penyelesaian. Sedang ujicoba juga, satu produsen sudah berjualan," tutur Roza, Minggu (16/6/2019).

Dengan hanya satu produsen ikan yang sudah berjualan, kata Roza animo masyarakat sangat tinggi. Setiap hari berton-ton ikan dikirim dari pasar ikan Kabupaten Bandung. Roza mengatakan, Pasar Ikan Kabupaten Bandung diproyeksikan untuk menjadi pusat perbelanjaan ikan se-Bandung Raya.

"Akan ada perlbagai jenis ikan yang dijual. Ini akan menjadi sentra ikan Bandung Raya," ujarnya.

Roza melanjutkan dengan adanya pusat distribusi ikan, maka produk olahan ikan Kabupaten Bandung diprediksi akan meningkat dan mengalahkan produk sejenis dari daerah lain. Dia menjelaskan, ada beberapa produk olahan ikan di Kabupaten Bandung seperti pindang, keripik ikan, nuget, bakso ikan, abon dan produk lainnya.

Selama ini produk tersebut sudah berkembang cukup baik. Dia mencontohkan untuk pindang saja, produksi pertahunnya bisa mencapai 17.000 ton. Permintaan pasar akan produk olahan ikan bukan tidak besar, namun pedagang ketersediaan bahan baku masih kurang

 "Kabupaten Bandung bukan merupakan daerah budi daya ikan. Kebutuhan untuk ikan segar lumayan tinggi. Jadi produk olahan dengan masyarakat masih rebutan," imbuhnya.

Ke depan dengan adanya pasar ikan, maka produk olahan ikan akan semakin meningkat, karena para pelaku UMKM di Kabupaten Bandung akan mudah mendapatkan bahan baku.

Tidak hanya itu, biaya produksi juga akan semakin rendah. Dia mencontohkan, sela ini pelaku UMKM pindang ikan asal Desa Cukang Genteng, Kecamatan Pasirjambu harus mencari ikan bandeng dan tongkol dari Pasar Caringin Kota Bandung yang mana harus mengeluarkan biaya produksi berupa transportasi yang lumayan besar.

"Nanti kan tidak jauh-jauh, karena di sini sudah ada. Otomatis biaya produksi juga lebih rendah," tutupnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar