Yamaha NMax

Belajar Fotografi di Komunitas Foto Amatir Bandung

  Minggu, 16 Juni 2019   Adi Ginanjar Maulana
Komunitas Foto Amatir Bandung mengadakan hunting Halal Bi Halal di The Green Forest Resort Jalan Sersan Bajuri No. 102 Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (15/6/2019) (Dok. Komunitas Foto Amatir Bandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM– Fotografi saat ini sangat populer di kalangan masyarakat terutama saat ini zaman sudah semakin canggih. Saat ini menggunakan kamera di ponsel bisa untuk memulai belajar fotografi.

Seperti Komunitas Foto Amatir Bandung (KOFABA) merupakan sebuah komunitas yang berdiri sejak 5 Februari 2012 bertujuan untuk belajar fotografi sembari berinteraksi atau mendapatkan teman baru yang  mempunyai kesamaan hobi  yaitu dalam bidang fotografi.

Menurut Founder Komunitas Foto Amatir Bandung, Edy Herwansyah mengatakan bahwa ia mulai membentuk komunitas ini karena mendapatkan hadiah kamera yang diberi oleh adiknya. Mulai dari situ dia ingin belajar foto dan kebetulan karena ia sering berkumpul dan berorganisasi maka dibentuklah komunitas ini.

Jumlah anggota yang dimiliki oleh Kofaba di Facebook sudah mencapai 60 ribu anggota. Tetapi, untuk anggota aktifnya sekitar 1.000-2.000 orang dengan berdomisili rata-rata di Bandung dan Cimahi. Kalangan umur di dalam Kofaba ini sekitar dari umur 15-40 tahunan.

“Kita minimal setiap minggu mengadakan acara seperti hunting, mengadakan workshop pokoknya mengadakan tersebut sesuai momentum, contohnya seperti hunting Halal Bi Halal karena moment nya pas masih dalam moment Hari Raya Idulfitri,” tutur Edy.

Kofaba ini ada dua jenis kegiatan yang rutin dilakukan, misalnya pelatihan setiap Selasa dan Jumat di studio Jalan Sunda No 93A Kota Bandung. Selain pelatihan, kegiatan yang rutin dilakukan setiap Sabtu dan Minggu adalah hunting foto. Dalam hunting foto ini berbeda-beda tiap minggunya seperti memakai tema kebaya, makro, pariwisata, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi anggota Kofaba ini bisa langsung masuk ke grup Komunitas Foto Amatir Bandung di Facebook. Jika memiliki keseriusan untuk menjadi anggota Kofaba ini bisa daftar untuk membuat Kartu Tanda Anggota (KTA). Jika memiliki kartu ini akan mendapatkan fasilitas yang khusus.

Selain mempunyai banyak kegiatan, Kofaba ini rutin setiap sebulan sekali mengadakan perlombaan foto. Bahkan di dalam Kofaba ini mempunyai anggota yang memiliki kualitas karena mendapatkan beberapa kejuaraan yang diraih bahkan Kofaba ini sering diundang ke beberapa event sesama komunitas fotografi. (Sita Pebriani)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar