Yamaha Aerox

Bandung Pisan: Nama Gang dari Merek Kendaraan Sudah Ada Sejak 1970

  Sabtu, 15 Juni 2019   Andres Fatubun
Gang unik yang diberi nama dari merek kendaraan di Jalan Sukabumi Dalam, Kelurahan Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung, Sabtu (15/6/2019). (Sheila Salsabila)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak sekali gang yang terdapat di Kota Bandung, bukan hanya ratusan mungkin bisa sampai ribuan gang yang ada di Bandung ini. Setiap daerah pasti memiliki nama gang masing-masing.

Banyak sekali masyarakat yang member nama gangnya dengan nama-nama yang aneh agar dapat diingat juga unik, salah satu gang yang unik ada di daerah Kelurahan Kacapiring, Batununggal tepatnya di Jalan Sukabumi Dalam RW 06, di belakang kantor DPRD Kota Bandung.

“Nama-nama gang dengan merek kendaraan ini sudah ada sejak tahun 1970an,” ujar Nandang Saripurin(52) Ketua RW 06 ketika ditemui di rumahnya di Jalan Harley, Sabtu (15/6/2019).

Dulu disini belum ada gang-gang merk kendaraan tapi masih kampung Jalan Sukabumi saja, namun para tokoh didaerah sini membuatkan jalan supaya jalan ini memiliki nama yang tidak hanya jalan sukabumi dalam dengan menggunakan angka saja.

“Ada salah satu tokoh namanya Pak Toha yang rumahnya di gang Merci merubah nama-nama gang dengan merek-merek kendaraan, selain pak toha ada juga tokoh masyarakat sekitar yang turut memberikan ide terhadap nama gang tersebut yaitu Pak Atta yang tinggal di gang opel,” katanya.

Ada 13 gang yang diberi nama merek kendaraan di Jalan Sukabumi Dalam ini, seperti Holden, Merci, Opel, Fiat, Honda, Morris, Yamaha, Suzuki, Impala, Lambreta, Pancer, dan Harley.

Lanjutnya, dari terbentuknya nama-nama gang ini tahun 1970 sampai sekarang jumlahnya ada 13 tidak pernah bertambah. Tetapi karena ada satu gang yang belum memiliki nama, ia berencana akan memberi nama pada gang tersebut dengan nama gang Toyota.

“Tetapi itu masih rencana harus saya musyawarahkan dulu kepada warga. Alasannya mengapa Toyota karena dari 13 gang yang ada belum ada gang yang diberi nama gang Toyota, jadi nanti totalnya ada 14 gang dengan merek kendaraan” tutupnya. (Sheila Salsabila)

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar