Yamaha Mio S

Ini Persyaratan dan Tanggal Penting PPDB SMA-SMK 2019

  Sabtu, 15 Juni 2019   Nur Khansa Ranawati
Simulasi PPDB di SMAN 2 Bandung, Kamis (13/6/2019)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK di Jawa Barat akan segera dimulai pada Senin, (17/6/2019) mendatang. Sebelum mulai mendaftar, pastikan Anda mengetahui informasi yang diperlukan seputar PPDB 2019.

1. Persyaratan

Berdasarkan data yang dirangkum dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, PPDB 2019 memiliki sejumlah persyaratan dasar yang perlu dipenuhi bagi para calon pendaftar. Persyaratan kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk pelamar SMA dan SMK pada dasarnya sama.

Pertama, usia maksimal pendaftar maksimal 21 tahun. Hal ini dibuktikan melalui dokumen asli dan fotokopi akta lahir calon peserta didik, kecuali bagi penyandang disabiltas dan calon pendaftar dari daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal) serta Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM). Bawa serta pas foto hitam putih ukuran 3x4 cm sebanyak dua lembar.

Kedua, calon peserta didik harus memiliki ijazah dan SHUN SMP/sederajat. Hal ini dibuktikan dengan membawa ijazah dan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SMP atau bentuk lainnya yang sederajat.

SHUN tidak perlu dibawa bila calon peserta berasal dari sekolah luar negeri dan disabilitas. Untuk calon peserta didik asal luar negeri, bawa serta surat keterangan dari Dirjen Dikdasmen dan wajin mengikuti matrikulasi Bahasa Indonesia.

Ketiga, peserta didik wajib memiliki dokumen kelengkapan khusus sesuai jalur. Untuk peserta zonasi, bawa serta fotokopi dan dokumen asli KTP orang tua dan Kartu Keluarga yang berlaku paling singkat 6 bulan sebelum pelaksanaan PPDB.

Bagi peserta jalur KETM, bawa serta kartu penanggulangan kemiskinan (KIP, KKS,KPS, KIS). Bagi jalur prestasi, piagam/sertifikat atau piala wajib ditunjukkan. Bagi Peserta yang merupakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) perlu membawa serta hasil diagnosa atau asesmen. Selain itu, Surat Keterangan Tempat Berugas orang tua atau wali juga diperlukan. 

2. Tanggal Penting

17-22 Juni 2019 : Pendaftaran
24-26 Juni 2019 : Verifikasi dan uji kompetensi
29 Juni 2019 : Masa pengumuman
1-2 Juli 2019 : Daftar Ulang
15 Juli 2019 : Awal Tahun Pelajaran 2019/2020
16-18 Juli 2019 : Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar