Yamaha NMax

Mengenang Jasa Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Bandung

  Sabtu, 15 Juni 2019   Adi Ginanjar Maulana
Taman Makam Pahlawan Cikutra.

CIBEUNYING KALER, AYOBANDUNG.COM--Sebelum merdeka, Indonesia harus terlebih dahulu berjuang demi kemerdekaan yang kini hanya tinggal kita rasakan. Begitu banyak orang-orang zaman dulu memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. orang-orang tersebut yang kini kita kenal sebagai Pahlawan Indonesia.

Pahlawan yang telah gugur tersebut di makamkan di Taman Makan Pahlawan, salah satu Taman Makan Pahlawan itu ada di Jalan Cikutra, Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

“Taman makam pahlawan ini di bangun sekitar tahun 1958, menurut sejarah, jajaran siliwangi ingin membuat satu tempat makam pahlawan agar tidak di mana saja dimakamkannya,” jelas Ugan (57) petugas taman makam pahlawan ketika ditemui Sabtu (15/6/2019).

Pada awal berdirinya makam pahlawan tercatat sejak awal kemerdekaan tahun 1945 ada 4.533 pahlawan yang di makamkan di Taman makam pahlawan ini. Di tahun 2002 pahlawan yang dimakamkan disini bertambah menjadi 4.657 makam.

“Sejak tahun 2002 dari tahun ke tahunnya mengalami pertambahan makam kurang lebih 50 sampai 100 makam per tahunnya” katanya.

Terhitung sejak 1945 sampai sekarang tahun 2018 ada sebanyak 5.802 pahlawan yang di makamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra ini. Taman makam pahlawan ini mempunyai 18 blok, setiap pahlawan yang berbeda keyakinan di pisahkan bloknya sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

“Kebanyakan pahlawan yang dimakamkan di sini beragama Islam, sebanyak 5.305 pahlawan islam dan 475 pahlawan non-islam,” ujarnya.

Di sini ada tiga orang pahlawan nasional yang di makamkan yaitu, Dr. Danudirja Setiabudi, Abdul Muis, dan Prof. Dr. Moestopo. Selain ketiga pahlawan nasional disini juga banyak makam pahlawan perintis kemerdekaan, ada enam yang dikenal yaitu, H.Niti Sumarintri, Ny. Ema Sumanegara, Ny. Emma Puradiredja, Sunarjo Gondokusumo, Lambret Palupessy, dan Domitian Aritohang.

“Tidak hanya makam, di sini juga ada tembok tinggi yang bertuliskan nama-nama pahlawan yang telah dimakamkan," tutupnya. (Sheila Salsabila)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar