Yamaha NMax

10 Makanan Penyebab Mimpi Buruk

  Sabtu, 15 Juni 2019   Andres Fatubun

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pernahkan Anda mengalami mimpi buruk? bisa jadi mimpi buruk disebabkan oleh makanan yang kita makan. Ternyata makanan yang Anda makan sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. 

Para peneliti di New York University membuktikan pola makan mempengaruhi tidur dan mimpi seseorang. Penelitian tersebut tertuang dalam jurnal "Utopian Dream or Dystopian Nightmare: The Cost of Creating an Ideal Society in Early Twenty-First Century America" oleh Loriana Aviles.

Makanan bertepung dan manis adalah alasan menjadi salah satu alasan utama seseorang mengalami mimpi buruk. 

Jadi, jika Anda sering mengalami mimpi buruk cobalah perhatikan pola makan Anda agar terhindar dari mimpi buruk.

Berikut makanan yang dapat menyebabkan mimpi buruk :
1. Keju
Keju adalah makanan yang kaya akan kalori dan lemak. Makan makanan yang mengandung susu ternyata dapat menyebabkan mimpi buruk. Hal ini terjadi karena pencernaan kita masih aktif mencerna makanan sehingga membuat pikiran tidak stabil. Pernyataan ini diperkuat sebuah bukti studi padad tahun 2005 yang dilakukan oleh British Cheese Board yang menyatakan bahwa keju dapat menyebabkan mimpi buruk. 

2. Es krim
Makan es krim sebelum tidur dapat meyebabkan metabolisme berubah dan meningkatkan aktivitas otak. Dengan energi berlebih yang disebabkan es krim dapat memicu terjadinya mimpi buruk. 

3. Saus pedas
Makanan pedas dapat mengganggu tidur nyenyak. Karena bumbu atau saus pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan dapat merubah siklus mimpi. Makanan ini juga membutuhkan banyak energi tubuh untuk dicerna. 

4. Alkohol
Minum bir, anggur, dan minuman lain yang berlebihan sebelum tidur dapat menyebabkan sulit tidur. Meskipun alkohol bersifat penenang, efeknya akan hilang pada malam hari dan dapat menyebabkan mimpi buruk yang terasa lebih nyata. 

5. Makanan mengandung kafein
Mengonsumsi kopi, yoghurt beku, dan makanan lain yang mengandung kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan aktivitas otak. Hal ini dapat mengganggu tidur dan mimpi buruk. 

6. Makanan manis
Menurut penelitian 31 persen orang mengalami mimpi buruk setelah makan makanan manis sebelum tidur. 

7. Cokelat
Setelah makanan manis dan makanan yang mengandung susu, coklat juga menjadi penyebab utama mimpi buruk. Selain itu cokelat juga mengandung gula dan kafein yang menyebabkan tidur tidak nyenyak. 

8. Makanan cepat saji
Junk food atau makanan cepat saji yang berlemak dapat menyebabkan iritasi pada pencernaan. Keripik juga termasuk Junk food atau makanan cepat saji. Penelitian menyatakan sekitar 12,5% orang yang mengalami mimpi buruk yang disebabkan oleh junk food.

9. Pasta
Pasta, roti dan makanan bertepung mengandung karbohidrat dan gula yang menjadi glukosa dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan seseorang mengalami mimpi buruk. 

10. Soda
Kafein dan gula yang terdapat dalam soda adalah penyebab mimpi buruk. (Sofa Marwati)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar