Yamaha NMax

Beretika Qur’ani bersama Komunitas Genetiq Bandung

  Sabtu, 15 Juni 2019   Andres Fatubun
Komunitas Generasi Beretika Qur'ani (Dok. Komunitas Genetiq)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM  -- Saat ini ada beberapa komunitas yang tidak hanya untuk duniawi saja tetapi ada beberapa komunitas yang justru mengajak pemuda untuk mengajak ke masjid memenuhi kebutuhan rohaninya. 

Seperti Komunitas Genetiq yang dibentuk pada tahun 2012 lalu oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran. Komunitas Genetiq merupakan singkatan dari Generasi Beretika Qur’ani. Komunitas ini bermula dari mahasiswa yang senang berkumpul dan berdiskusi dan saat itulah terpikirkan untuk membuat Komunitas Genetiq ini.

Menurut Penanggung Jawab Komunitas Genetiq, Riska Rostiani, mengatakan bahwa memakai nama Genetiq tersebut karena cita-cita dari komunitas ini bisa menjadi generasi penerus yang beretika qur’an, bermanfaat untuk masyarakat sekitar serta menjadi generasi yang cinta Alquran dan As-Sunnah dan mengamalkannya dengan kegiatan yang menambah cinta kita terhadap Alquran.

“Untuk jumlah anggota yang aktif sekitar 50 orang tersebar di Bandung, Kopo, dan Cimahi. Kalangan anggotanya dari mulai pelajar SMA kelas 1, mahasiswa, sampai yang sudah bekerja dan yang sudah senior pun mereka bertahan sebagai pembina,” jelas Riska.

Komunitas Genetiq ini sudah memiliki banyak kegiatan seperti kumpul rutin setiap dua minggu sekali untuk sharing motivasi tentang hidup benar sesuai Alquran dan sunnah atau disebut Ngobrol Pemuda Alquran dan juga ngobrol tentang sejarah islam atau disebut “Kumpas Tuntas! Sejarah” yang biasa dilakukan di tempat seperti taman film, kafe, dan masjid.

Selain itu komunitas ini juga sering megadakan bakti sosial ke tempat belajar para Tahfidz dan kegiatan edukatif seperti study tour. Adapun rencana program yang ingin komunitas ini buat seperti dakwah ke desa-desa dan program belajar tahsin.

“Di semua kegiatan yang kita buat itu menghadirkan suatu kegiatan yang bisa membuat orang-orang menjadi sadar akan hidup benar sesuai dengan petunjuk yang benar,” ujar Riska.

Untuk menjadi anggota komunitas ini biasanya mereka open recruitment dengan cara menjadi volunteer salah satu program komunitas ini. Komunitas ini ingin mencari anggota yang benar-benar loyal dengan komunitas dan ingin anggotanya untuk peduli dengan perkembangan generasi. Sosial media yang dapat diakses untuk mengetahui lebih dalam komunitas ini melalui Instagramnya yaitu @komunitasgenetiq.

“Harapan kita yang terkumpul di komunitas ini juga bisa menjadi contoh untuk menyalurkan semangat belajar dan memahami Alquran ke seluruh masyarakat,” tutup Riska. (Sita Pebiani)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar