Yamaha NMax

Kemenkumham Akan Berikan Sanksi bagi Pengawal Setya Novanto

  Sabtu, 15 Juni 2019   Anya Dellanita
Setya Novanto mengenakan topi saat terlihat di sebuah toko bahan bangunan di Padalarang. Foto ini beredar di media sosial. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menindaklanjuti beredarnya foto-foto Setya Novanto pelesiran di daerah Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat mengatakan akan melakukan pemeriksaan terhadap pengawal yang bertugas mendampingi Setya Novanto saat itu.

Ada beberapa sanksi berat jika pengawal tersebut terbukti bersalah, salah satunya pemecatan.

AYO BACA : Kedatangan Setnov Tidak Dikenali oleh Pegawai Toko Bangunan

"Kalau ketahuan bersalah ya pasti akan ada sanksi. Kita juga ada aturan main," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak saat dikonfirmasi, Sabtu (15/6/2019).

Menurut Liberti, pihaknya telah mmeriksa satu orang petugas yang mengwal Setya Novanto kenarin malam. Sekarang ini, belum diketahui apakah benar petugas tersbebut bersalh, namun Kemenkumham Jabar menduga hal ini terjadi karena kelalaian pengawal tersebut.

AYO BACA : Setnov Sempat Dirawat di RS Sebelum Pelesiran ke Padalarang

"BAP belum selesai ya, jadi baeu bisa dilihat nanti. Jadi belum tahu itu benar itu kesalahan petugas atau bukan. Tapi diduga lalai," kata Liberti.

Liberti mengatakan, sanksi bgi pengawal itu masih harus menunggu hasil pemeriksaan. Paling ringan adalah pernyataan tudak puas, dan yang paling berat bisa dipecat.

"Hukuman paling ringan pernyataan tidak puas. Kalau yang tertinggi pemberhentian tidak dengan hormat. Tapi kita belum bisa pastikan, BAP belum selesai," katanya. 

Sebagaimana diketahui sebelumnya, beredar foto Setya Novanto yang pelesiran ke toko bangunan di kota Baru Parahyangan. Dalam foto yang beredar, dia terlihat sedang mengobrol dengan seorang wanita yang diduga adalah istrinya.

Karena kejadian ini, Setya novanto akhirnya dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur.

AYO BACA : Terpergoki Pelesiran ke Padalarang, Setnov Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar