Yamaha Mio S

Perkumpulan Komunitas Jepangan di Bandung

  Sabtu, 15 Juni 2019   Andres Fatubun
Aliansi Komunitas Jepangan Bandung (Dok. Aliansi Komunitas Jepangan Bandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Bandung memiliki berbagai macam komunitas ataupun kelompok kegiatan yang sifatnya memiliki satu kesamaan, hobi, dan bakat. Salah satu yang banyak digemari oleh para generasi zaman saat ini adalah seperti cosplayer, anime, dan lain sebagainya.

Salah satunya adalah Aliansi Komunitas Jepangan Bandung yang mewadahi seluruh komunitas Jepangan yang ada di Bandung Raya. AKJB ini baru berdiri tanggal 22 Juli 2018 dan memiliki anggota kepengurusan 18 orang dan 15 komunitas Jepang Bandung di dalamnya.

Menurut Koordinator Umum AKJB, M. Hartadi Gunawarman alias Haru, mengatakan awal terbentuknya AKJB ini karena ingin membentuk sebuah wadah koordinasi, komunikasi, dan kooperasi antar komunitas Jepang Bandung agar terkelola.

“Kita sih ingin komunitas Jepang di Bandung itu ada yang mengelola dan mengembangkannya sesuai dengan minat orang masing-masing, seperti cosplayer, cover dance, cover sing,” tutur Haru.

Aliansi Komunitas Jepangan Bandung sudah berada di naungan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung melalui Bandung Youth Forum. Kegiatan yang biasa mereka lakukan adalah membuat pameran komunitas-komunitas yang berada dinaungan AKJB, contohnya AKJB Expo yang diselenggarakan 21 April 2019 lalu.

Banyak kejuaraan yang diraih oleh komunitas Jepang Bandung yang berada dinaungan AKJB ini, seperti juara cosplayer di World Cosplay Summit yang mewakilkan Indonesia, lomba cover sing mendapatkan kejuaraan di Jakarta, dan masih banyak lainnya.

AKJB setiap tahun membuka open recruitment untuk menjadi anggota kepengurusan, beberapa syratnya yaitu menyukai Jepang, berdomisili di Bandung Raya, dan memiliki minat dan bakat. Jika ingin bergabung seperti ke komunitas cosplayer bisa melalui AKJB nantinya akan ditembuskan ke komunitas tersebut.

Jika Anda yang berminat masuk ke komunitas yang berada di AKJB ini bisa langsung menghubungi lewat sosial medianya seperti grup Facebook Aliansi Komunitas Bandung, Instagramnya di @akj.bdg atau bisa langsung datang ke Lucky Square Lantai UGF B2 No. 2 Jalan terusan Jakarta No.2 Kota Bandung. (Sita Pebriani)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar