Yamaha Aerox

NASA Tak Sengaja Temukan "Ukiran" Mirip Logo Star Trek di Planet Mars

  Sabtu, 15 Juni 2019   Andres Fatubun
Ukiran ini terletak di Hellas Planitia, dataran besar dalam cekungan Hellas di belahan bumi selatan Mars. (nasa)

ARIZONA, AYOBANDUNG.COM -- Para fans Star Trek pasti bakal antusias melihat penemuan NASA kali ini. Di sebuah foto, terlihat sebuah "ukiran" di planet merah yang mirip dengan logo Star Trek.

Logo Star Trek, seri film sains fiksi terkenal yang mengambil latar ruang angkasa dan petualangan di dalamnya ini ditemukan oleh Mars Reconnaissance Orbiter (MRO), satelit yang mengorbit Mars.

Dilansir dari Space, Sabtu (15/6/2019), "ukiran" ini terbuat dari material di Mars seperti angin, lava, pasir dan lainnya.

"Saat melihat gambar ini secara tidak sengaja terlihat sebagai logo salah satu film ikonik. Tetap saja, ini adalah ketidaksengajaan yang ditemukan," ujar juru bicara Universitas Arizona, yang juga turut mengendalikan MRO HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment).

Ukiran ini terletak di Hellas Planitia, dataran besar dalam cekungan Hellas di belahan bumi selatan Mars. Terbentuknya dimulai gundukan pasir berbentuk bulan sabit di mana angin dan permukaan berinteraksi. Kemudian, datanglah lahar.

Terjadi erupsi namun tidak cukup tebal untuk menutupi area secara keseluruhan. Ketika lava mendingin, gundukan pasir itu tetap ada dan membuat bentuk seperti di foto.

Sementara, MRO sendiri sudah mengorbit selama 13 tahun dan selalu mengirimkan gambar Mars dan objek di sekitarnya dengan kualitas tinggi. MRO diharapkan bisa digunakan juga untuk mengawal misi Mars 2020 mendatang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar