Yamaha Lexi

7 Cara Menyingkirkan Kecoak Secara Efektif

  Sabtu, 15 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kecoak adalah musuh terbesar dalam hal pengendalian hama domestik. Serangga kecil ini telah ada sejak 320 juta tahun yang lalu dan telah berevolusi dari waktu ke waktu sedemikian rupa sehingga mereka menguasai rumah lebih dari pemiliknya.

Spesies kecoak domestik awalnya di Afrika tropis dan mereka cepat merambah ke pantai kita beberapa dekade lalu. Beberapa spesies kecoak domestik yang umum adalah - Serangga air, Serangga Palmetto, dan kenari Bombay. kecoak ini adalah pembawa potensial bakteri ke makanan yang dikonsumsi di rumah dan dapat menyebabkan keracunan makanan yang serius. Beberapa metode untuk menyingkirkan kecoak ini secara efektif, adalah:

1. Menjaga Kebersihan 
Rumah harus dijaga kebersihannya dari debu dan kotoran berlebih. Kebersihan rumah adalah faktor terpenting yang harus diingat untuk menyingkirkan kecoak. Meninggalkan makanan di tempat terbuka dan meletakkan hal yang kotor dalam waktu yang lama akan membuat kecoak menyerang. Begitu mereka kelaparan untuk mencari makanan, mereka akhirnya akan mencari ke dalam rumah.

2. Buatlah umpan dan perangkap 
Kecoak yang masuk perangkap dan telah memakan tawanan sampai mereka mati atau dibuang keluar dari rumah. Menggunakan umpan disebut sebagai salah satu proses penggusuran kecoak yang paling sukses, karena kecoak pertama memakan racun dari umpan dan kemudian menginfeksi yang lain, yang mengarah ke penggusuran kecoak dari rumah. Gel untuk menyiapkan umpan juga banyak dijual di pasaran dan memastikan ampuh untuk membasmi.

3. Bersihkan tempat lempap
Kecoak tidak dapat bertahan hidup tanpa air selama lebih dari 7 hari, sehingga mengurangi jumlah kelembaban di rumah dan memperbaiki kebocoran air yang lazim akan menyebabkan kematian mereka. Rumah harus berventilasi baik, karena sinar matahari masuk ke dalam rumah akan memungkinkan segala bentuk air menguap ke udara, membuat rumah kering dan kecoak pun kehilangan apa pun untuk dimakan.

4. Gunakan wewangian berbau menyengat 
Lantai harus di lapel secara teratur dengan cairan yang wangi dan beraroma kuat seperti minyak serai atau fenil obat. Parfum yang kuat akan mengusir kecoak yang datang mencari makanan. Sementara membersihkan lantai itu perlu, perlu dicatat bahwa jangan menyisakan kelebihan air di lantai, karena kecoak akan memakan air.

5. Asam borat 
Penggunaan bubuk asam borat pada area yang rentan terhadap kecoak akan menyebabkan pengurangan insiden pergerakan kecoak di area tersebut. Asam borat dapat diaplikasikan pada area atau bahkan disemprotkan di seluruh rumah, karena sangat mudah diaplikasikan dan tetap untuk jangka waktu yang lama jika tidak bersentuhan dengan air.

6. Daun Salam
Menggunakan daun salam untuk mengusir kecoaadalah metode buatan rumah yang efektif yang aman dan tidak mengandung racun yang dapat mempengaruhi hewan peliharaan atau manusia. Bau yang kuat dari daun salam menghentikan kecoak masuk, karena mereka tidak bisa mentolerir bau. Menggantung daun-daun ini di pintu masuk portal, kecoak akan berhenti untuk  memasuki rumah, karena baunya adalah mimpi buruk bagi kecoak di luar sana yang ingin masuk ke rumah. Menghancurkan daun kering dan menyebarkan bubuk akan mengurangi kecoak secara efektif.

7. Menjaga ruangan tetap dingin 
Kecoak tidak mudah beradaptasi dengan dingin. Mereka aktif di waktu musim panas, mereka bahkan punya sayap dan bisa terbang, tetapi ketika suhu dingin, kecoak mungkin tidak aktif. Oleh karena itu, kecoak dapat menyebabkan sejumlah penyakit dan penting untuk menyingkirkan mereka selamanya dari rumah Anda untuk hidup sehat dan lebih baik. (Yuliana Nadiah Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar