Yamaha Aerox

Kuliner Bandung: Bakso Mantep yang Legendaris dari Pak Suroto

  Sabtu, 15 Juni 2019   Andres Fatubun
Semangkuk bakso dengan campuran tetelan dan tahu kuning sebagai pelengkap siap dinikmati di Bakso Mantep Gunung Giri Solo di Jalan Aceh no. 22, Babakan Ciamis, Sumur Bandung. (Siti Julaeha)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Siapa yang tidak suka bakso?  Banyak dari Anda pasti sangat menyukai makanan yang berbentuk bulat terbuat dari daging ini. Apalagi kuah kaldu bakso yang memiliki rasa gurih menjadi ciri khas di lidah penikmatnya.

Di Bandung ada bakso yang terkenal dan selalu ramai pengunjungnya, ya dia adalah Bakso Mantep Gunung Giri Solo. Bakso yang terletak di Jalan Aceh no. 22, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, ini sudah ada sejak tahun 1970, ketika Suroto pergi merantau ke Kota Kembang ini.

Awalnya Suroto berjualan di trotoar belakang Bandung Indah Plaza. Namun sejak tahun 2018 tempat berjualannya pindah ke Jalan Aceh. Saat ini Bakso Mantep dikelola oleh anaknya yaitu Sutrisno. Namun jangan khawatir karena resep yang digunakan masih sama seperti awal mulanya berdiri.

Disini kita bisa menikmati semangkuk bakso lengkap dengan mi dan tetelan sapi, juga kuah yang terbuat dari kaldu sapi asli. Maka dari itu bakso ini jadi terkenal karena mempunyai cita rasa yang khas dan berbeda dengan bakso-bakso pada umumnya.

AYO BACA : Kuliner Bandung: Nasi Kuning Pungkur Cuma Buka Malam hingga Subuh

“Yang paling beda mungkin di tetelan sama kita menang di kuah, kita kuah benar-benar kaldu sapi, tidak ada campuran yang aneh-aneh,” jawab Sutrisno.

Bakso ini juga terkenal dengan sambal juaranya yang sangat pedas, karena resep yang tetap dipertahankan yaitu sambal dibuat dengan cara di ulek, tidak di blender seperti sambal di tempat lainnya.

“Sambal kita masih pakai cara zaman dulu, jadi kita sambal tidak pernah di blender. Kita masih ngulek,” jelasnya.

Pilihan yang tersedia yaitu mi putih dan mi kuning untuk campuran baksonya, ada juga sepotong tahu kuning sebagai pelengkap. Sedangkan harga yang ditawarkan sebesar Rp25.000 satu porsinya. (Siti Julaeha)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar