Yamaha Lexi

Jaksa Kejati Anggap Hukuman 6 Tahun Sesuai untuk Bahar bin Smith

  Jumat, 14 Juni 2019   Anya Dellanita
Terdakwa penganiayaan 2 remaja, Bahar bin Smith. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Terdakwa penganiayaan 2 remaja, Bahar bin Smith dituntut 6 tahun penjara oleh jaksa pada sidang pembacaan tuntutan. Jaksa mengatakan, hukuman tersebut memang sudah sesuai untuk Bahar karena perbuatannya itu membuat korban luka berat.

Selain itu, Kapisenkum Kejaksaan Tinggi Jabar, Abdul Muis Ali mengatakan, para jaksa penuntut umum telah mempertimbangkan tuntutan tersebut selayak-layaknya

"Jaksa Penuntut Umum sudah mempertimbangkan aspek yuridis dan fakta persidangan. Itulah yang menurut kita tuntutan yang layak disampaikan. Artinya enam tahun itu sudah melalui pertimbangan dan melihat fakta persidangan," ucap Abdul di Kantor Kejati Jabar, Jumat (14/6/2019).

AYO BACA : Bahar bin Smith: Saya Bertanggung Jawab Atas Apa yang Saya Lakukan

Abdul juga mengatakan, selain fakta persidangan, jaksa juga mempertimbangkan hal-hal yang mrringankan dan memberatkan Bahar saat menjalani sidang. Hal meringankan Bahar adalah sikapnya yang sopan selama menjalani sidang. Sementara itu, hal memberatkan bagi Bahar adalah statusnya yang pernah dihukum sebelumnya.

"Sudah, sudah mempertimbangkan semua fakta yang terungkap di persidangan. Makanya di persidangan kita sampaikan juga dasar-dasar pertimbangan tuntutan," kata dia.

Terkait putusan, Abdul mengatakan pihaknya akan menyerahkan pada majelis hakim. Kejaksaan tidak akan mengganggu keputusan hakim.

AYO BACA : Bahar bin Smith Dituntut 6 Tahun Penjara

Namun bagi kuasa hukum Bahar, tuntutan tersebut membuat mereka kecewa.

"Kami kecewa berat, di luar prediksi. Enam tahun itu sesuatu yang berat bagi kami," ujar kuasa hukum Bahar, Ichwan Tuankotta, setelah sidang tuntutan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kamis (13/6/2019)

Ichwan mengatakan, kekecewannya lantaran Bahar sudah bersikap kooperatif selama persidangan. Dia juga mengakui perbuatannya. Karena itu, Ichwan merasa hukuman 6 tahun itu terlalu berat.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Bahar bin Smith ditangkap karena melakukan penganiayaan terhadap 2 remaja, CAJ dan MKU. Bahar mengaku menganiaya kedua korban lantaran kesal mereka mengaku sebagai dirinya.

Atas perbutannya, Bahar dituntut hukuman penjara selama 6 tahun dipotong masa tahanan. Selain itu, Bahar juga didenda Rp50 juta subsidar 3 bulan kurungan.

AYO BACA : Jaksa Sebut Perbuatan Bahar Meresahkan Masyarakat

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar