Yamaha Mio S

Pasar Ikan Kabupaten Bandung Ditargetkan Beroperasi Agustus

  Jumat, 14 Juni 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi pasar ikan. (istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Pasar ikan modern Kabupaten Bandung di Soreang ditargetkan akan mulai beroperasi pada Agustus mendatang.

Kepala Bidang Pembersayaan Usaha Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung Roza Delwina mengatakan, pada mulanya Pasar Ikan Kabupaten Bandung ditargetkan akan mulai beroperasi Januari lalu. Namun, ada beberapa kendala yang menyebabkan target tersebut tidak bisa terpenuhi.

"Pasar Ikan itu dibangun oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan. Dalam proses pembangunan, ada efisiensi anggaran," tutur Roza, Jumat (14/6/2019).

Efisiensi anggaran tersebut menjadikan beberapa fasilitas tidak bisa dibangun. Oleh karenanya, kata Roza pemerintah Kabupaten Bandung belum melakukan memfungsikan pasar sebagaimana mestinya.

AYO BACA : Bupati Dadang Naser Dorong Pembangunan Pasar Ikan Modern

"Pemkab Bandung berbenar dulu dengan menggunakan APBD untuk melengkapi, pembangunan parkir, pagar dan lanscape supaya lebih menarik," ujarnya.

Saat ini kata Roza, pasar ikan Kabupaten Bandung sedang diujicoba. Sebuah perusahaan grosir telah berjualan selama 13 hari ini.

"Responnya lumayan bagus. Walaupun baru satu yang buka, tapi sudah bisa mengirim beberapa ton dalam sehari ke luar daerah. Malah banyak juga masyarakat yang beli eceran, padahal yang penjajakan itu grosir, tapi yang eceran juga kami minta dilayani untuk mengenalkan juga kepada masyarakat," paparnya.

Jika tidak ada aral melintang, dalam beberapa bulan kedepan Pemkab Bandung akan meresmikan pasar ikan tersebut.

AYO BACA : Konsumsi Ikan di Kabupaten Bandung Masih Rendah

"Inginnya Agustus ini sudah beroperasi. Mudah-mudahan saja terealisasi," katanya.

Roza melanjutkan, walaupun belum rampung, namun animo pedagang untuk bisa berjualan sangat tinggi. Bahkan, ratusan kios di pasar ikan Kabupaten Bandung sudah banyak yang mendaftar.

Menurutnya akan ada 240 kios di pasar ikan kabupaten bandung, terdiri dari 220 kios ikan basah, kering dan segar yang berada di lantai satu. Di lantai atas akan ada 20 kios panganan ikan.

Pasar ikan kabupaten bandung lanjut Roza ditargetkan menjadi pusat penjualan ikan untuk Bandung Raya. Target tersebut dinilai akan tercapai mengingat di Indonesia saja, baru ada dua pasar ikan.

"Bisa menampung ikan dari seluruh Indonesia," ujarnya.

Dengan ikan yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya ikan darat saja yang akan dijual, namun ikan laut juga akan banyak tersedia.

AYO BACA : Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo Tutup 15 September 2018

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar