Yamaha Lexi

Baigama Norjma Tunggangi Unta dari Mongolia ke London Sejauh 12.000 Km

  Jumat, 14 Juni 2019   Andres Fatubun
Baigama Norjma bersama untanya saat melintasi gurun. (youtube)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Seorang wanita bernama Baigama Norjma melakukan perjalanan menggunakan unta sejauh 12.000 km. Ia memulai perjalanannya dari Mongolia dan akan berakhir di London, Inggris. Wanita dan rombongan untanya telah menyebrangi Mongolia, China, dan Khazakhstan. 

Perjalanan yang dinamakan "Steppes to the west" bertujuan untuk mengajarkan mengembara sabagai tradisi Mongolia. 

Menurutnya, unta adalah hewan yang sangat kuat dan bisa mekakukan kontak batin dengan penunggangnya. Norjma sudah melatih untanya dan mengikat beban di punggung unta sendiri. Menurt Norjma, ia bersama untanya dapat berjalan sejauh 30 km per hari.

Dalam perjalanannya, ia  membawa keluarga dan lima unta.

Selama petualangannya itu, ia mengatakan tak sedikit menemui masalah. Misalnya saat sang unta tidak mau berjalan, bahkan tidak mau bergerak, dan kadang cuaca yang buruk. Namun demikian ia tak pantang mundur, pun ketika ia memasuki Gurun Gobi dimana cuaca disana -50c mengadangnya. 

Lewat perjalanan ini, ia ingin memotivasi agar anak muda khususnya perempuan bisa pergi kemana-mana. Karena ia sering mendengar laki-laki yang mengatakan bahwa perempuan tidak bisa kemana-mana dan tidak bisa melakukan perjalanan jauh.

Norjma berpendapat, perempuan harus mempunyai keputusan. Menginginkan apa? dan akan menjadi apa kita di masa depan?

Hal itu ia tujukan pada kaum adam yang hanya menganggapnya tidak bisa mengendarai dan merakit barang-barang diatas punggung unta.

Dengan lugas ia menjawab "Tentu saja saya bisa,Kekuatan fisik memang nomer satu, tetapi kekuatan mental lebih dari itu." (Sofa Marwati)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar