Yamaha NMax

7 Manfaat Mengonsumsi Paprika

  Jumat, 14 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi paprika.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Paprika secara ilmiah disebut sebagai capsicum annuum. Capsicum juga dikenal dengan berbagai nama seperti paprika dan cabai. Paprika termasuk dalam kelompok tanaman Solanaceae dan memiliki berbagai warna, hijau, kuning, hingga ungu. Rasa dari paprika hijau dan ungu sedikit pahit, sedangkan paprika merah, kuning dan oranye lebih manis.

Alasan lain paprika sehat untuk dimakan karena rendah lemak dan rendah kalori sehingga tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Terlepas dari ini, paprika juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti memberikan bantuan dari masalah perut, kejang otot, masalah menopause, diabetes dan banyak lagi.Paprika bisa dimasak dan dimakan mentah, juga dapat dikeringkan sebagai bumbu kuliner, ditambahkan ke teh atau dikonsumsi dalam kapsul.

Berikut adalah tujuh manfaat mengonsumsi parpika 

1. Meningkatkan Metabolisme 
Konsumsi paprika meningkatkan metabolisme dengan menurunkan trigliserida, (yang disimpan lemak dalam sel darah). Paprika ini membantu membakar kalori dan mengendalikan kolesterol. Karena itu, jika berat badan naik dari diet maka tinggi lemak berkurang. Paprika juga mencegah gangguan pencernaan dengan menyebabkan sekresi cairan pencernaan.

2. Mencegah Kanker 
Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa senyawa capsaicin mampu mengobati kanker dengan mencegah karsinogen mengikat dengan DNA. Sederhananya, paprika memiliki kemampuan untuk membuat sel-sel kanker. Telah ditemukan bahwa makan paprika memberikan beberapa perlindungan dari kanker jika dikonsumsi sebagai bagian dari asupan makanan biasa.

3. Meredakan Rasa Sakit 
Senyawa capsaicin yang ditemukan dalam capsicum dipercaya dapat menghalangi penularan rasa sakit dari kulit ke sumsum tulang belakang. Ini secara efektif membantu dalam mengobati neuralgia, nyeri yang terkait dengan herpes zoster dan trauma amputasi pasca operasi, dengan memberikan bantuan dari rasa sakit

4. Meningkatkan Kekebalan 
Paprika kaya akan vitamin C dan hal ini merangsang sel darah putih untuk melawan infeksi. Ini mengarah pada penguatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dan flavonoid hadir dalam paprika, jadi dapat mencegah masalah pernapasan seperti infeksi paru-paru, asma, emfisema.

5. Mencegah kerusakan sel. 
Radikal bebas yang ada di dalam tubuh bertanggung jawab untuk menyebabkan kerusakan sel, kerusakan saraf, dan pembuluh darah. Paprika adalah sumber yang kaya akan vitamin A dan C, yang keduanya merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini membantu dalam memerangi radikal bebas dalam tubuh dan membantu dalam mengobati penyakit jantung, osteoarthritis, asma bronkial, katarak dll.

6. Mengobati gangguan pencernaan 
Paprika mengandung tanin yang memainkan peran sentral dalam mengobati gangguan pencernaan seperti diare, disentri, dan gangguan mikroba lainnya. Tanin ini membentuk lendir, yang membantu melindungi lapisan lambung dan mencegah perkembangan tukak lambung.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung 
Flavonoid yang ada di capsicum dinyatakan bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung koroner. Menjadi vasodilatif, buah-sayuran membantu dalam memperbaiki hipotensi dan menurunkan detak jantung. Ini pada gilirannya membantu meningkatkan aliran darah, menghasilkan oksigenasi yang lebih baik dari jaringan organ. (Yuliana Nadiah Hamdan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar