Yamaha Mio S

Taman Mobil Tua Instagramable Cimenyan Bandung

  Jumat, 14 Juni 2019   Andres Fatubun
Koleksi mobil tua Iwan Budianto (Dok. Iwan Budianto)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Junkyard atau barang rongsokan tidak selamanya jadi sampah. Terbukti, seperti halnya di sebuah Kecamatan Cimenyan Kota Bandung terdapat sebuah taman mobil tua yang instagramable. 

Sesuai namanya, Junkyard Cimenyan adalah taman yang berisi mobil-mobil rongsokan yang beberapa diantaranya masih dapat digunakan dan hingga kini masih diperjual-belikan. Tempat ini bukanlah sebuah taman selfie, tetapi hanya sebuah kebun luas milik Iwan Budianto. 

Bermula dari hobinya sejak kecil, pekerja usaha bengkel dan jual beli mobil tua ini memiliki 60 unit mobil bekas yang beberapa di anataranya masih diperjual belikan. Selain itu, kebutuhan pembeli bermacam-macam untuk dipakai dan tak sedikit pula dijadikan koleksi. Hal tersebut diungkapkan oleh Iwan, saat ditemui Jumat (14/06/2019). 

"Mobil didapatkan dari berbagai macam orang yang menawarkan atau bahkan ketika sedang pergi ga sengaja melihat ada mobil antik. Dalam proses jual beli, biasanya ada yang kondisi sudah jadi maupun kondisi yang hanya bahannya saja. Untuk kisaran harga relatif dari lima juta hingga seratus juta," jelasnya.  

Lebih lanjut,  Iwan menceritakan bahwa dirinya sering menggunakan mobil tua untuk berpergian dan juga pernah menggunakan mobil bemo untuk berkeliling Bali. Selain mobil antik, tank baja dan mobil panseur daimleur juga sempat dimiliki Iwan. 

"Dulu saya sempat mempunyai  mobil panseur daimleur tahun 1942 yang saya dapat dari orang didaerah Banjaran. Namun, setelah saya rubah mobil tersebut sampai bener-bener bagus mobil itu dibeli oleh negara dan memang katanya itu merupakan rampasan Belanda. Kini, mobil tersebut berada di Museum TNI Bandung," jelasnya.

Tidak ada tiket masuk untuk berkunjung ke taman mobil tua ini, karena sebenarnya junkyard bukanlah sebuah wisata resmi dan yang terpenting meminta ijin kepada pemiliknya. Pengunjung yang datang sangat beragam, dari yang sekedar ingin berfoto selfie, melakukan preweed hingga foto buku tahunan sekolah. 

Iwan memiliki rencana untuk taman mobil tua kedepannya. "Mau menata lebih baik taman tersebut dan bisa menjadi wisata otomotif agar terlihat bagus dan rapih," tutupnya. (Ulfah Dalilah) 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar