Yamaha Lexi

Jangan Lakukan 8 Hal Ini Pada Anjing

  Jumat, 14 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi. (voguesugar)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Tanpa kita sadari banyak hal buruk yang kita lakukan pada anjing baik disengaja maupun tidak. 

Kadang terlihat jelas ketika Anda memandikannya, sebagian anjing mungkin merasa tidak nyaman. Tak jarang anjing menolak pelukan atau tindakan lain yang membuat ia terancam. Hal itu sangat wajar, anjing jinak dan baik pun sering menolak ketika dibawa ke dokter atau melakukan perawatan.

Masing-masing anjing memiliki kesukaan atau kebencian yang berbeda. Berikut adalah delapan hal umum yang dibenci anjing :

1. Sering dipeluk
Kebanyakan anjing tidak menyukai pelukan yang Anda lakukan berulangkali, terutama ketika anjing itu bukan milik Anda. Anjing menganggap tangan yang memeganginya adalah ancaman. Mungkin hal biasa ketika orang terdekat anjing melakukan pelukan, tetapi anjing merasa tidak terlalu nyaman. Sebaiknya biarkanlah anjing Anda bergerak sesuka hati mereka. Peluklah sewajarnya atau hanya berinteraksi dengan punggung dan dadanya saja.

2. Banyak memerintah dengan kata-kata
Anjing adalah hewan yang cerdas. Mereka memahami beberapa kata kunci seperti : "kemarilah", "pergilah", "duduklah", dan lain-lain. Tetapi mereka tidak memahami sebagian besar bahasa manusia. Jadi, jika Anda ingin memerintah anjing lebih baik gunakanlah bahasa tubuh. Cobalah bermain seharian dengan anjing Anda tanpa mengucapkan bahasa manusia. Gunakanlah beberapa bahasa tubuh yang dapat ia pahami. dengan begitu Anda akan mengetahui seberapa mengerti anjing Anda.
 
3. Berjalan Tanpa Jeda
Anjing sangat menyukai dunia luar. Saat Anda membawanya berjalan-jalan ke luar rumah biarkan anjing untuk mengamati, mengendus,atau bermain disekitar lingkungan tersebut. 

4. Diacuhkan
Anjing adalah makhluk sosial yang tidak menyukai kesendirian di suatu tempat. Tetapi Anda mungkin seringkali meninggalkannya saat bekerja atau bepergian tanpa membawa peliharaan bukan?  Solusinya adalah curahkan perhatian dan kasih sayang anda ketika dirumah. seperti bermain, melatih fisik dan kecerdasannya.

5. Menyentuh Wajah
Sama seperti memeluk, anjing tidak terlalu menyukai disentuh bagian-bagian tubuh tertentunya. Seperti wajah, atau Anda mencoba untuk membersihkan telinga dan giginya. Lakukanlah dengan lembut dan tidak terburu-buru.   

6. Diganggu
Jangan melakukan hal yang dapat membuat anjing marah seperti :
- Menirukan gonggongannya.
- Melambaikan tangan saat mereka menggonggong ke arah Anda.
- Menarik ekornya.
- Dan perlakuan lain yang dapat mengganggunya.
Hindari hal-hal tersebut atau Anda akan mendapat gigitan Anjing. 

7. Dipaksa
Layaknya manusia, anjing juga memiliki sahabat dan musuh. Anjing memiliki isyarat yang harus kita pahami. Jika kita tidak paham, akibatnya banyak hal yang anjing tolak ketika kita melakukan sesuatu padanya. Bagaimana cara memahaminya? Satu kali anjing menolak perlakuan kita jangan ulangi dan jangan memaksanya.

8. Pemiliknya Sedih
Manusia tidak hanya merasakan bahagia tetapi seringkali merasakan sedih, marah, dan depresi. Anjing tidak menyukai hal ini terjadi pada majikan atau orang terdekatnya. Karena anjing memiliki kontak batin yang dapat merasakan hal yang sama. Jika hal ini terjadi cobalah jalan-jalan dengan anjing Anda dan Anda akan merasa lebih baik. (Sofa Marwati)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar