Yamaha Lexi

4 Cara Menghadapi Teman yang Sedang dalam Kesulitan

  Jumat, 14 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Jika Anda selalu ada disaat sahabat membutuhkan pertolongan, maka Anda adalah orang yang baik. Walaupun terkadang, ketika Anda memiliki niat baik untuk membantu sahabat, mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana caranya. Mungkin saja teman Anda sedang stres, dia mungkin sedang ada masalah ekonomi, atau sedang putus cinta.  Bahkan mungkin dalam keadaan depresi.  

Bagaimana kita tahu bahwa teman Anda membutuhkan bantuan? 

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa teman sangat membutuhkan Anda. Mungkin ia akan datang menemui atau menghubungi Anda. Bisa juga melihat perubahan pada dirinya sehingga Anda mulai resah mengenai hal itu dan menanyakannya.

Anda juga dapat mengenalinya ketika melihat wajah mereka yang biasanya ceria dan menawan berubah menjadi pucat atau kusam.  Ini salah satu tanda paling sederhana yang membuat Anda menyadari bahwa ia bantuan

Bagaimanakah caranya?  Anda mengenal teman yang membutuhkan tetapi mereka tidak yakin bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk membantu teman mereka keluar dari situasi yang sedang dihadapi. Ketika Anda merasakan keinginan untuk membantu mereka.  Anda biasanya tidak mengerti bagaimana membantu meskipun dia adalah teman yang sangat dekat.

Berikut adalah empat tips tawaran bantuan pada teman yang sedang dalam kesulitan.

1. Tawarkan bantuan pada satu hal.
Berikan bantuan Anda secara khusus agar lebih terlihat bahwa Anda sedang mencoba membantunya. Jangan menunggu ia meminta bantuan terhadap Anda, cobalah tawarkan bantuan. Teman Anda dalam keadaan stres dan mungkin saja dengan menunggunya meminta justru membuatnya lebih stres daripada meringankannya.  Dia tidak akan tahu bantuan seperti apa yang mampu Anda lakukan maka dari itu ia tidak berani memintanya pada Anda.

Jadi, ketika Anda tahu situasinya, tawarkan bantuan secara khusus.  Misalnya, jika teman membutuhkan gitar dan tidak punya uang untuk membelinya.  Bantu teman dengan menawarkan uang, bukan dengan menawarkan bantuan atau hanya sekadar basa-basi.  Penawaran khusus adalah yang paling penting dan berguna dalam pertemanan.

2. Ulurkan tangan Anda untuk membantu dengan ikhlas
Pikirkanlah bagaimana caranya menawarkan bantuan di saat mereka membutuhkan.  Terkadang kita mengatakan dan menawarkan bantuan tanpa berpikir.  Jika teman Anda sangat membutuhkan dan Anda ingin dia keluar dari situasi itu, Anda harus menawarkan bantuan.  Tetapi ketika Anda tidak yakin dengan situasinya, lebih baik Anda mundur selangkah dan memikirkan apa situasinya.  Pahami situasi teman Anda sebelum bertindak jauh.

Anda harus yakin dalam membantunya dan jangan sampai Anda menawarkan bantuan yang tidak mungkin Anda lakukan.  Karena jika begitu, itu hanya akan merusak persahabatannya saja.  Bantuan Anda dibutuhkan oleh teman Anda dan bantuan Anda harus tulus dan ikhlas.

3. Jangan memaksa teman Anda untuk meminta bantuan ataupun sebaliknya.
Hargai ruang pribadi teman Anda walaupun sedekat apapun hubungan kalian. Jangan memaksa untuk membantunya jika dia tidak membutuhkannya.  Bersikap sopan dan ramah sambil menawarkan bantuan, tetapi jangan membuatnya tertekan. Ketika Anda terus membujuk mereka, mereka mungkin merasa lebih buruk daripada situasi yang mereka hadapi.

4. Dengarkan masalahnya 
Terkadang ketika seseorang menghadapi masalah, dia menginginkan seseorang yang hanya bisa mendengarkan apa pun masalah yang mereka miliki.  Jika teman Anda dalam masalah seperti itu, biarkan mereka curhat pada Anda dan dengarkan baik-baik. Jangan hanya berbicara dengan mereka, mendengarkan keluhnya salah satu cara agar  membuatnya tenang. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa masalahnya dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka. (Nadia Syailana)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar