Yamaha Aerox

Batu Karas, Pantai yang Menyimpan Sejuta Keindahan

  Kamis, 13 Juni 2019   Adi Ginanjar Maulana
Sejumlah wisatawan mengunjungi Pantai Batu Karas, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.(Reival Akbar)

Usai perayaan lebaran, banyak keluarga yang menghabiskan waktu liburnya dengan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata alam. Salah satunya Pantai Batu Karas di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. 

Destinasi tersebut merupakan salah satu pantai di selatan Jawa Barat yang memiliki deburan ombak bersahabat dan pantai landai yang mampu dimanfaatkan peselancar lokal maupun luar negeri. Maka dari itu pantai tersebut kerap dijuluki sebagai ‘Balinya Jawa Barat'.

Di Pantai Batu Karas pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur badan, dan watersport. Sehingga pantai ini merupakan destinasi yang tepat untuk berpakansi keluarga. 

Banyak pengunjung menggunakan kendaraan beroda dua serta membawa sanak keluarga dengan mobil bak terbuka untuk menikmati pantai yang jarak tempuhnya kurang lebih 34 km dari pusat kota Pangandaran.

Pantai ini dapat menghipnotis para pengunjung sehingga rasa lelah dan panas karena terik matahari pun tidak terasa pemandangan yang luar biasa dan masih alami. 

Mereka betah untuk berlama-lama di kawasan ini lantaran angin sepoi-sepoi serta sejuk air laut yang menggulung, terpecah di bibir pantai. 

Melesat melintasi pasir pantai, sesekali para wisatawan menikmati saat disapu oleh deburan ombak. Tak ada orang yang berwajah muram disini, semua tertawa lebar, merasakan kebahagiaan berada di tempat ini walau hanya beralas tikar. Banyak pengunjung berswafoto di pantai ini.

Selain pesona alam yang dimiliki, tempat ini juga bisa dijadikan ajang berburu buah tangan atau cinderamata dan wisata kuliner. Dan menjadi alternatif ketika liburan lebaran melihat destinasi di Pangandaran yang memang dipadati pengunjung seperti pantai barat dan timur Pangandaran.

Tidak usah khawatir, di Batu Karas sudah banyak penginapan yang harganya terjangkau. Bagi wisatawan yang menyukai alam bebas banyak juga spot spot untuk mendirikan tenda di bibir pantai. 

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang begitu indah dilihat dari keaslian alamnya dan pesonanya yang dapat menyegarkan mata. Namun kita harus sadar akan menjaga lingkungan karena tempat wisata ini merupakan aset penting bagi Indonesia demi mempertebal pendapatan negara dan perekonomian masyarakat.

Reival Akbar Rivawan
Mahasiswa Jurnalistik 
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar