Yamaha Aerox

Ini Formasi Ratusan CPNS yang Diajukan Pemkab Bandung

  Kamis, 13 Juni 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi PNS. (ayobandung)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung mengajukan ratusan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kepada Pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan mengatakan, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menpan RB, berkaitan dengan formasi CPNS, Pemkab harus mengajukan dengan memperhatikan keseimbangan baik PNS keluar dan masuk.

Salah satu yang menjadi dasar pengajuan formasi adalah Batas Usia Pensiun (BUP) PNS masing-masing. BUP merupakan perhitungan PNS yang akan pensiun.

"Jumlah BUP Kabupaten Bandung tahun ini sebanyak 928 orang," tutur Wawan, Kamis (13/6/2019).

Walaupun BUP Kabupaten Bandung mencapai 928 orang, namun ajuan CPNS kepada pemerintah pusat jauh lebih sedikit.

Dipaparkan Wawan, dalam SE Menpan RB juga menyebutkan jika pengajuan formasi CPNS harus mengakomodir Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Diungkapkan Wawan berdasarkan hasil seleksi 2018 terdapat 707 PPPK yang lolos seleksi. Berbeda dengan PNS, penggajian PPPK dibebankan kepada APBD pemerintah setempat.

"Jadi formasi CPNS Kabupaten Bandung yang diajukan untuk tahun ini ada 221. Dengan asumsi BUP dikurangi PPPK," ujarnya.

Wawan melanjutkan, CPNS yang diusulkan kepada Menpan RB tersebut sebagian besar merupakan pegawai teknis yakni sebesar  48%, tenaga kesehatan 28%, guru 19% dan tenaga fungsional lainnya 5%.

"Mudah-mudahan disetujui semuanya. Kalau harapan kami sih bertambah, bukan berkurang. Tapi penetapannya tetap ada di Menpan RB, kami hanya mengusulkan formasi," ujarnya.

Wawan juga mengaku belum mengetahui kapan pendaftaran CPNS akan dimulai, mengingat hal tersebut merupakan kewenangan Kemenpan RB.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar