Yamaha Mio S

PDIP Percepat Kongres Bahas Pengganti Ketua Umum Megawati

  Kamis, 13 Juni 2019   Andres Fatubun
Ketua Umum PDIP, Megawati. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- PDI Perjuangan mempercepat penyelenggaraan Kongres V menjadi tahun ini. Kongres tersebut mulanya akan digelar pada tahun 2020. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno membenarkan Kongres V dipercepat yang rencananya akan digelar pada 8-10 Agustus di Bali.

"Betul. Rencana 8-10 Agustus di Bali. Info lanjut bisa ditanyakan kepada Sekjen," ujar Hendrawan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Hendrawan tidak menjelaskan apa yang menjadi alasan Kongres V dipercepat. Terkait hal itu, kata dia, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang memiliki kewenangan menyampaikan.

"Sekjen yang diberi tugas menyampaikannya kepada media," ucapnya.

AYO BACA : Komisioner KPU Mengaku Heran dengan Tuduhan Kubu Prabowo

Salah satu agenda penting Kongres PDIP adalah membahas pergantian ketua umum partai. Pada Kongres IV PDIP 2015 lalu, Megawati Soekarnoputri kembali terpilih menjadi Ketua Umum PDIP.

Masa jabatan Megawati sendiri baru akan habis pada 2020. Jabatan yang diembannya itu menjadikannya sebagai ketua umum partai terlama sejak 1999.

Belakangan, Megawati memberikan sinyal tak ingin lagi menjabat sebagai pimpinan partai berlambang banteng moncong putih. Hal itu tergambar dalam beberapa kali pidatonya pada tahun 2018.

Kendati begitu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan para kader masih menginginkan putri Proklamator Sukarno itu memimpin partai.

"Dalam pandangan kami, Beliau masih mendapat dukungan dan akan mendapatkan dukungan sangat kuat dari bawah," kata Hasto di Jakarta, 15 November 2018 lalu.

AYO BACA : Prabowo Klaim Menang 52% dalam Formulir C1 yang Diserahkan ke MK

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar