Yamaha Lexi

Rumah Saksi Pertemuan Inggit dengan Soekarno

  Kamis, 13 Juni 2019   Andres Fatubun
Rumah bersejarah Inggit Garnasih di Jalan Ciateul NO.8, Astanaanyar, Kota Bandung, Kamis (13/5/2019). (Sheila Salsabila)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bandung memiliki banyak bangunan bersejarah. Salah satunya bangunan yang tidak terlalu besar di daerah Jalan Ciateul No.8. Bangunan tersebut adalah tempat tinggal Inggit Garnasih, mantan istri Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. 

Inggit Garnasih adalah perempuan kedua setelah Oetari yang dinikahi oleh Soekarno. Dia merupakan istri yang setia menemani Soekarno dari masih berkuliah sampai mengantarkan Soekarno menjadi Presiden. Namun, bercerai karena Soekarno menikahi Fatmawati.

Rumah ini sebelumnya adalah rumah Inggit dan Soekarno, tetapi dijual. Lalu pada 1950, Bung Hatta dan kawan-kawan Soekarno memprakasai pembangunan rumah untuk Inggit. Mereka membangun rumah di atas tanah yang dulunya tempat tinggal Inggit dan Soekarno yang sekarang dijadikan rumah bersejarah.

Rumah ini terdiri atas satu ruang tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang pembuatan bedak dan jamu, ruang baca, dapus dan kamar mandi, serta dikelilingi oleh halaman cukup hijau di bagian luar rumah. Selain itu ada replika batu pipisan untuk membuat jamu dan bedak di ruang pembuatan jamu dan bedak.

Di rumah ini Inggit bertemu untuk terakhir kalinya dengan Soekarno pada tahun 1960. Pada tahun 1970, ia harus merelakan kepergian mantan suaminya. Di sini juga Inggit menghabiskan sisa hidupnya sambil berjualan jamu, bedak, kutang, dan tembakau. Sampai akhirnya pada 13 April 1984 di umur 96 tahun Inggit berpulang.

“Bangunan ini pada tahun 1997 dilakukan renovasi total, karena ahli warisnya menjual rumah ini kepada pemerintah dalam keadaan buruk dengan tujuan untuk dijadikan rumah bersejarah,” kata Jajang Ruhiat (45) selaku juru pelihara dan pemandu.

Lanjutnya, rumah bersejarah ini diresmikan sebagai ruang publik untuk dapat dilihat masyarakat pada tahun 2010 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa barat. (Sheila Salsabila)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar