Yamaha Mio S

Berdayagunakan Teknologi, Gojek Berikan 'Kuliah' Bisnis untuk 150 UMKM Jabar

  Kamis, 13 Juni 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gojek bekerja sama dengan lkatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar pelatihan wirausaha untuk Iebih dari 150 pelaku UMKM anggota IWAPI Jawa Barat. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/ayobandung.com)

SETIABUDI, AYOBANDUNG.COM --  Guna meningkatkan skala dan kapasitas pengusaha perempuan daIam ekonomi digital, Gojek bekerja sama dengan lkatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), kembali menggelar pelatihan wirausaha. Dalam sesi rapat kerja daerah (Rakerda) IWAPI Jawa Barat, Gojek memberikan 'kuliah singkat' berupa pembekalan praktis berbisnis secara tatap muka kepada Iebih dari 150 pelaku UMKM anggota IWAPI Jawa Barat. 

Hal ini bertujuan agar para pelaku bisnis perempuan di Jawa Barat mampu mendayagunakan teknologi untuk meningkatkan skala bisnis serta memperluas pangsa pasar.  Head Regional Corporate Affairs Gojek, Wildan Kesuma, menyampaikan pihaknya berbangga bisa mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan IWAPI. 

Terlebih Wildan mengaku, jangkauan IWAPI sudah mencapai 32 provinsi dengan Iebih dari 30.000 perempuan pengusaha di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan besarnya potensi dan antusiasme untuk terus maju dan berkembang dari para pelaku usaha anggota IWAPI. 

AYO BACA : Gojek dan Grab Tanggapi Rencana Penghapusan Diskon

“Setelah melaksanakan beberapa kali pelatihan wirausaha di Bandung, kami melihat antusiasme yang tinggi dari para pelaku UMKM yang tergabung dalam beberapa komunitas dan asosiasi di Jawa Barat," ungkap Wildan, Kamis (13/6/2019).

Wildan juga menyampaikan, sebagai aplikasi yang mendorong pertumbuhan UMKM, pihaknya terus berupaya menciptakan dampak sosial bagi masyarakat. Program Gojek Wirausaha pun merupakan bentuk dukungan terhadap pelaku UMKM. 

"Materi yang diberikan, dirancang khusus untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM seperti memasarkan produk serta mengatur keuangan. Selain itu, kami membantu para UMKM agar langsung dapat memanfaatkan platform digital melalui Go-Foos dan Go-Pay sehingga mereka Iebih mudah naik kelas," katanya. 

AYO BACA : GOJEK Beri Apresiasi Ribuan Mitra Driver Bintang Lima

Wildan menyampaikan, kegiatan pelatihan untuk pelaku UMKM anggota IWAPI Jawa Barat ini juga sesuai dengan ruang lingkup dari nota kesepakatan yang ditandatangani Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Gojek di akhir bulan Mei 2019 yang lalu. 

Ruang lingkup yang dimaksud di antaranya adalah pemberdayaan berempuan melalui pelatihan kewirausahaan. Di sisi lain, Gojek telah berhasil menghubungkan pengguna dengan lebih dari 2 juta mitra pengemudi, lebih dari 400 ribu merchant UMKM, serta lebih dari 60 ribu penyedia layanan di 204 kota dan kabupaten di lima negara di Asia Tenggara.

Perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap pelaku UMKM sangat tinggi karena UMKM memegang peranan palwnting bagi penumbuhan ekonomi Jawa Barat. Lebih dari 98 persen aktor ekonomi Jawa Barat adalah UMKM. 

“Dengan ekosistem kami, bisa membantu memperluas pasamya, membantu pencatatan keuangan dan meningkatkan inklusi keuangan serta menekan biaya biaya operasional," kata Wildan. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum IWAPI Jawa Barat  Masrura Ramidjal, menyambut baik inisiatif dari Gojek untuk membantu para pelaku UMKM untuk meningkakan steals bisnisnya. Hal ini sejalan dengan misi IWAPI untuk meningkatkan kapasitas anggota dan daya saing produk bangsa melalui akses teknologi. 

"Kami berharap melalui pelatihan ini, para pengusaha UMKM Jawa Barat bisa semakin sukses dan bisnisnya semakin besar. Dengan usaha UMKM yang semakin berkembang, saya percaya bisa memberikan dampak positif untuk Jawa Barat. Kami juga berharap hubungan yang sudah baik antara IWAPI dan Gojek tetap terus terjaga," tutur Masrura.

AYO BACA : Pemprov Jabar dan Gojek Jajaki Kerja Sama Penguatan Potensi Ekonomi Digital

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar