Yamaha NMax

10 Keajaiban Air Hangat

  Kamis, 13 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi air hangat.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Seperti yang sudah kita ketahui, manusia membutuhkan setidaknya 7-8 gelas air untuk mengisi cairan dalam tubuh setiap hari. Kebanyakan orang lebih suka minum air dingin atau air mineral biasa, tetapi seorang peneliti berhasil membuktikan bahwa air hangat memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut pengobatan India dan Cina kuno, minum air hangat di pagi hari membantu memperlancar pencernaan. Meminum air hangat dapat membebaskan kita dari penyakit dan menjadikan tubuh kita lebih rileks.

Air hangat bagaikan jimat dalam tubuh kita, pasalnya air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan saluran pernafasan, menghilangkan lemak, dan meningkatkan imun dalam tubuh kita.

Minumlah air hangat setelah makan atau 3-4 kali seminggu dengan teratur. Beberapa orang minum air hangat sebagai obat kesehatan holistik, diminum setelah atau sebelum tidur. 

Berikut beberapa keajaiban meminum air hangat :
1. Memperlancar pencernaan
Dengan minum air hangat saluran pencernaan kita akan aktif dan mencerna makanan dengan baik. Saat air hangat mengalir dalam perut dan melewati usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan membuang semua sisa makanan yang tidak tercerna dengan baik.

2. Menyembuhkan sembelit 
Sembelit adalah ketika kotoran tidak tercerna dengan baik dalam usus, dan terasa sakit ketika buang air besar. Hal ini disebabkan kurangnya cairan dalam tubuh. Maka dari itu, minumlah air hangat setelah bangun tidur agar melancarkan pencernaan dan menyembuhkan sembelit. 

3. Meredakan hidung tersumbat
Uap dari air panas ternyata dapat meredakan sakit kepala karena sinus. Uap tersebut akan melonggarkan sinus yang tersumbat karena selaput lendir yang ada di leher, dan air hangat akan mencegah adanya lendir tersebut.

4. Menenangkan sistem saraf
Air hangat dapat membantu menenangkan sistem saraf dan menjadi pelumas dalam tubuh. Dengan sistem saraf yang baik, Anda akan terhindar dari penyakit.

5. Menghilangkan lemak
Air hangat akan memecah timbunan lemak dalam tubuh. Pada saat minum air hangat, tubuh akan menurunkan suhu internal dan meningkatkan metabolisme. Cara lain minum air hangat adalah menambahkannya dengan lemon atau madu setelah makan. Lemon memiliki serat pektin yang mengurangi nafsu makan dan ini baik untuk anda yang melakukan diet alkali.

6. Meningkatkan sirkulasi darah
Ketika mengalir dalam tubuh, air hangat akan membawa darah mengalir lebih efektif dalam tubuh.

7. Menghilangkan racun
Air hangat akan membantu mengeluarkan semua racun berbahaya dalam tubuh. Ketika anda meminum air hangat secara teratur, sistem endokrin akan aktif menghasilkan keringat. dengan begitu, racun akan keluar dari tubuh.

8. Meredakan rasa sakit
Dengan minum air hangat, otot kita akan rileks. Hal ini dapat membantu meredakan nyeri sendi, hingga kram saat menstruasi dan jika anda merasa sakit kepala, perut, atau tidak enak badan, minumlah air hangat sebagai pertolongan pertama.

9. Mengurangi stres
Kortisol adalah hormon yang menyebabkan stres pada diri anda. Jika merasa sering stres, minumlah air hangat untuk meredakannya. 

10. Mengurangi nyeri saat menstruasi
Salah satu manfaat utama dari air hangat adalah mengurangi nyeri saat menstruasi. Air hangat menghasilkan efek menenangkan otot-otot perut, sehingga mengatasi keram dan kejang.

Minum air hangat sangat dianjurkan oleh kebanyakan dokter. Karena air hangat baik untuk kesehatan tubuh baik internal dan eksternal. banyak orang yang menggunakan filter air yang mahal, padahal langkah yang lebih efektif adalah dengan merebusnya.(Sofa Marwati)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar