Yamaha Aerox

Jadi Asisten Pelatih, Yusuf Bachtiar Tertantang Kembangkan Bibit Muda Persib B

  Kamis, 13 Juni 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Asisten Pelatih Persib B, Yusuf Bachtiar. (Eneng Reni/Ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM—Yusuf Bachtiar, legenda hidup yang pernah membawa Persib juara di ajang Piala Hassanal Bolkiah 1986, ditunjuk sebagai asisten pelatih kepala Persib B Liestiadi.

Saat mendapatkan tawaran melatih di Persib B, Yusuf mengatakan, tidak perlu pikir panjang lantaran Persib adalah jati dirinya.

"(Alasan gabung) karena saya orang Bandung dan saya besar di Persib. Sebetulnya saya sudah ada yang nawarin untuk latih klub lain, saya sudah siap melatih di luar cuman memang belum kontrak jadi lebih memilih bergabung dengan Persib B," ungkap Yusuf.

AYO BACA : Tiba di Bandung, Artur Gevorkyan Belum Gabung Latihan Persib

Yusuf yang juga anggota Komdis PSSI itu mengaku merasa tertantang menjalankan program Persib B.

Yusuf mengatakan, pembentukan tim satelit ini bakal menjadi salah satu wadah pembinaan untuk mengakomodasi potensi pemain muda.

"Ketika saya ditawarin di Persib walaupun di tim satelit, ini tantangan buat saya. Saya harus kerja keras dan saya harus membuktikan bahwa memang program ini harus berlanjut, jadi harus dibantu. Saya betul betul fokus di sini," lanjutnya.

AYO BACA : Persib B Didominasi Pemain Muda, Fabiano Tak Sungkan Berbagi Pengalaman

Tantangan lain di Persib B, kata Yusuf, dirinya dan Liestiadi memiliki sedikit waktu untuk persiapan di Liga 2. Laga pembuka Liga 2 sendiri digelar pada 22 Juni. Persib B dijadwalkan tampil pada 23 Juni menghadapi PSCS Cilacap. 

Dengan begitu, Persib B hanya memiliki waktu dua pekan persiapan. Sementara itu, saat ini mereka masih sibuk membentuk tim.

Meski serbamepet, Yusuf optimistis Persib B mampu berbicara banyak di Liga 2.

"Dengan persiapan program pembentukan tim yang mohon maaf cukup mepet tapi ini tantangan buat kita. Harus disadari semua pihak dengan waktu dua minggu kita harus menyiapkan tim atau menyiapkan pemain. Liga 2 itu ya tidak jauh dengan liga 1 cuman liga 1 ada pemain pemain asing."

Ia menambahkan, Liga 2 erat dengan kecepatan dan karakter. “Kami butuh pemain-pemain yang pengalaman dan yang punya karakter. Tapi bukan berarti pemain pemain mudanya tidak punya potensi, justru kami siapkan untuk tahap selanjutnya, dan ini tahapannya sudah bagus," ujarnya.

AYO BACA : Legenda Persib: Konsep Persib B Bisa Jadi Percontohan di Indonesia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar