Yamaha Aerox

Tol Trans Jawa Sangat Berpengaruh Terhadap Arus Mudik Jalur Selatan

  Kamis, 13 Juni 2019   Mildan Abdalloh
Foto udara jalan tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM --  Keberadaan tol trans jawa di jalur pantura mempengaruhi arus mudik di jalur selatan. Hal tersebut diindikasikan dengan penurunan penggunaan jalur selatan oleh masyarakat.

Tol trans jawa sangat berpengaruh terhadal jalur selatan. Cukup mengurangi arus di selatan, ucap Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan selepas apel penutupan operasi ketupat lodaya 2019 di Soreang, Kamis (13/6/2019).

Menurutnya dengan infrasturktur baru di utara, menjadikan banyak pemudik yang biasa menggunakan jalur selatan beralih menggunakan jalur utara.

Banyak yang ingin mencoba tol trans jawa. Data yang kami miliki juga ada penurunan arus di selatan, katanya.

Bahkan lanjut Indra sampai Idulfitri nyaris tidak ada kemacetan di jalur selatan.

Yang menjadi titik puncak arus justru terjadi pada H, H1, H2, H3 cukup tinggi, tapi tidak melebihi tahun lalu, klaim Indra.

Selain terjadi penurunan arus, Indra mengklaim selama operasi ketupat lodaya tahun ini tidak ada kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa.

Kecelakaan nihil. Sama seperti tahun lalu, ucapnya.

Hal tersebut kata Indra dikarenakan beberapa faktor, seperti kesadaran masyarakat akan keselamatan lalu lintas sudah meningkat.

Infrastruktur juga lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, jadi cukup menekan angka kecelakaan. Bukan hanya di wilayah kabupaten bandung, kecelakaan lalu lintas saat operasi ketupat lodaya 2019 juga menurun drastis, katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar