Yamaha Aerox

5 Candi Budha Terindah di Dunia

  Kamis, 13 Juni 2019   Andres Fatubun
Kuli Seiganto-ji di Jepang.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Antara abad kE-6, Buddhisme didirikan di India timur laut kemudian menyebar ke seluruh benua Asia. Saat penyebarannya Buddhisme memengaruhi praktik budaya, spiritual, seni, dan arsitektur di setiap negaranya.

Saat ini, sekitar setengah miliar orang di seluruh dunia mempraktikkan agama Buddha, yang dibangun di atas prinsip-prinsip seperti Empat Kebenaran Mulia dan pengejaran nirwana.

Sementara itu kuil-kuil Budha tradisional sering mencerminkan gaya arsitektur di daerah tersebut, semua dirancang untuk memfasilitasi refleksi dan meditasi agar tenang.

Aturan di kuil-kuil Buddha juga cukup universal. Aturan yang harus ditaati pengunjung seperti yaitu harus melepas sepatu di pintu masuk, mengenakan pakaian yang menutupi lutut dan bahu, dan menjaga kebisingan seminimal mungkin.

Saat berkunjung perhatikan papan tanda yang dipasang dan hindari fotografi yang dapat mengganggu, berhati-hatilah terutama ketika para bhikkhu berdoa. Berikut adalah 5 Candi Budha yang patut dikunjungi.

Bagan, Myanmar
Ibukota kerajaan sebelumnya di Myanmar yaitu di Bagan tempat ini awalnya adalah rumah bagi sekitar 10.000 bangunan Buddha. Saat ini Bagan, melewati jalan setapak yang memiliki lebih dari 2.000 kuil dan pagoda yang tersisa.

Wat Benchamabophit, Thailand
Kuil Wat Benchamabophit di Bangkok ini selesai dibangun pada tahun 1911 dan seluruhnya dibangun dari marmer Carrara Italia yang diimpor. Jendela kaca yang melengkung dan melukis menggambarkan theppanom Thailand, atau malaikat. Galeri kuil menampilkan 52 patung Buddha di pilar-pilar individual, yang menunjukkan keragaman ikon Buddha dari waktu dan tempat yang berbeda.

Seiganto-Ji, Japan
Seiganto-ji adalah tempat perlindungan yang berpagar hutan untuk Tendai, sekolah Buddhis rasionalis yang percaya pada keberadaan yang terus berubah. Seiganto-ji juga berhenti di dua rute ziarah yang berbeda: jejak Saigoku 33-kuil, dan Kumano Kodō kuno, satu dari hanya dua jalur ziarah yang ditunjuk UNESCO di dunia.

Wat Rong Khun, Thailand
Didirikan pada tahun 1997, kuil Wat Rong Khun serba putih Thailand utara dirancang dan didanai seluruhnya oleh pelukis Thailand Chalermchai Kositpipat. Bagi pengunjung diharapkan untuk berpakaian dan berperilaku dengan penghormatan tradisional.

Kye Gompa, India
Sejak didirikan lebih dari seribu tahun yang lalu, Kye Gompa di India telah diserang setiap abad — oleh tentara, api, dan gempa bumi tahun 1975. Terletak di Himalaya pada ketinggian 13.668 kaki di atas permukaan laut, kuil yang kaya mural ini adalah contoh arsitektur Pasada “benteng-biara” berlapis. Orang asing sering menjadi tuan rumah untuk retret spiritual. (Yuliana Nadiah Hamdan)

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar