Yamaha Aerox

Getol Orbitkan Pemain Muda, Robert Alberts Tak Ingin Persib Instan

  Rabu, 12 Juni 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Eneng Reni/Ayobandung.com)

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM—Pelatih Persib Bandung Robert Alberts terkenal dengan “tangan dinginnya” mengorbitkan sejumlah nama pemain muda dari tim yang diasuhannya. Tercatat, saat masih menukangi Arema FC, Robert sukses mengorbitkan salah satu kiper fenomenal Indonesia, Kurnia Meiga.

Saat itu, Robert menjadikan Kurnia Meiga sebagai kiper utama. Padahal kala itu, Kurnia Meiga baru berusia 19 tahun. Usai diorbitkan, Kurnia Meiga pun sukses berhasil menggeser posisi Markus Horison. 

AYO BACA : Mentas di Liga 2, Fabiano Beltrame Bakal Bantu Bangun Kekuatan Persib B

Puncaknya, Kurnia Meiga berhasil membawa Arema FC menyabet gelar juara Liga Super Indonesia (LSI) sekaligus dinobatkan sebagai kiper terbaik.

Selanjutnya,saat mengarsiteki PSM Makassar, pelatih asal Belanda itu kembali memunculkan nama-nama pemain muda. Mereka di antaranya Asnawi Mangkualam dan Muhammad Arfan yang kini kerap bolak-balik dipanggil timnas.

AYO BACA : Persib Tak Ingin Lagi Dipecundangi oleh PS Tira-Persikabo

Usai resmi membesut Persib Bandung, “sentuhan tangan dingin” Robert pun dinantikan. Apalagi skuat Maung Bandung terkenal memiliki sejumlah talenta muda potensial.

Meski demikian, Robert mengaku dirinya masih tetap harus berhati-hati dalam mengembangkan bakat para pemain muda Persib. Sebab, dirinya ingin pemain muda bisa berkembang secara baik.

"Di Persib ada banyak pemain muda potensial, tapi tidak bisa instan karena itu terlalu cepat dan terlalu banyak. Kita butuh waktu yang tepat untuk bisa mengembangkan para pemain ini sampai mereka benar-benar siap beraksi," ungkap Robert.

Robert menilai, jika terlalu cepat diorbitkan, potensi para pemain muda ini dikhawatirkan cepat layu sebelum berkembang. Sebab, tekanan bermain di tim senior akan sangat jauh berbeda dengan saat di akademi atau tim junior.

"Karena jika terlalu cepat bisa saja gagal karena gugup dan tekanan yang terlalu besar. Jadi, kita harus betul-betul mempersiapkan pemain muda dengan baik, dan Persib punya banyak pemain muda potensial di momen ini," ujarnya.

AYO BACA : Kim Tak Masalahkan Persiapan Panjang Jelang Kontra PS Tira Persikabo

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar