Yamaha NMax

Citarum Dapat Pinjaman Rp1,4 Triliun, Ridwan Kamil: untuk Edukasi Sampah

  Rabu, 12 Juni 2019   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditemui di Gedung Sate, Rabu (13/6/2019). (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan dana Rp1,4 triliun yang didapat dari World Bank (Bank Dunia) lewat pemerintah pusat untuk kebersihan Sungai Citarum merupakan dana pinjaman atau hutang. Pinjaman tersebut didapat lewat skema Government to Government (G2G) sehingga nantinya akan dikembalikan langsung oleh pemerintah pusat.

AYO BACA : Benahi Sungai Citarum, Jabar Dapat Dana Rp1,4 Triliun dari World Bank

Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan, pada Senin (17/6/2019) mendatang dia akan melakukan presentasi pada pihak pemberi pinjaman untuk merinci peruntukkan dana tersebut.

AYO BACA : Emil Minta Bantuan Jepang Perbaiki DAS Citarum

"Bentuknya loan (pinjaman) G2G, dibayar nanti oleh pemerintah pusat, ada KLHK, ada Bappenas, banyak. Presentasinya Senin kalau lolos insyaallah uangnya turun," ungkapnya ketika ditemui di Gedung Sate, Rabu (13/6/2019).

Dia mengatakan, dana yang 100% akan diperuntukkan bagi permasalahan sampah tersebut tidak akan serta-merta dibelanjakan pada alat-alat canggih pengelola sampah. Namun juga untuk mengedukasi masyarakat agar mampu mengurangi sampah sejak di rumah masing-masing.

"Intinya kita ingin masalah sampah Citarum itu buka soal beli alat-alat canggih, tapi ingin anggaran itu masuk untuk mengedukasi masyarakat agar sampahnya habis di rumah dengan teknologi receh tapi banyak. Jangan selalu berujung dengan sarana dan prasarana canggih," ungkapnya.

Dia berharap, anggaran tersebut dapat sekaligus membangun masyarakat yang melek akan sampah selain membersihkan Sungai Citarum dari sampah. "Sehingga anggaran itu harapannya dua; satu masalah sampah selesai, kedua peradaban dan edukasi masyarakat tentang persampahan meningkat. Kalau kita lari ke teknologi saja, polanya akan sama. Kami enggak mau begitu," ungkapnya. 

AYO BACA : Bank Sampah Salah Satu Solusi Banjir dan Pencemaran Citarum

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar