Yamaha Mio S

Mengapa Kucing Lebih Suka Minum Air Keran?

  Rabu, 12 Juni 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi. (wallpapersteram)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Beberapa kucing mengganggap bahwa air keran yang mengalir lebih menarik dibandingkan dengan air yang ditaruh di dalam mangkuk. Fakta tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Debra Zoran, seorang dokter spesialis penyakit dalam di Texas A&M Veterinary Medical Teaching Hospital. 

Menurutnya, air keran yang mengalir memiliki rasa yang  lebih enak.

Alasan lainnya mengapa kucing tidak menyukai air yang ditaruh di mangkuk, karena dianggap tidak segar. Apalagi jika air tersebut tidak dijaga kebersihannya. Air yang dibiarkan di mangkuk terbuka bisa terkontaminasi oleh hal-hal lain yang membuat rasa dari air tersebut tidak enak.

Selain itu kucing juga memiliki kumis sensitif, sehingga ada beberapa hal yang mereka tidak sukai.

"Tidak menyentuh sisi mangkuk, atau apa pun, pada saat mereka makan atau minum," kata Zoran. 

Biasanya hal diatas terjadi ketika air yang berada di dalam mangkuk tidak terisi penuh sehinggga kumis kucing yang sensitif menyentuh sisi mangkuk tersebut.

Alasan lain mengapa kucing lebih menyukai air keran karena pada umumnya air keran berada di tempat yang lebih tinggi, seperti pada wastafel di kamar mandi ataupun wastafel tempat cuci piring, sehingga membuat kucing merasa lebih aman. Hal tersebut disampaikan Lena Provoost, ahli perilaku hewan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas University of Pennsylvania. 

Sedangkan jika mangkuk yang berisi air biasanya berada di tempat yang rendah, seperti di lantai, membuat kucing terganggu karena berada di tempat yang dilalui orang. (Yuliana Nadiah Hamdan)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar