Yamaha NMax

Kebakaran Pasar Terjadi Berturut-turut, Ridwan Kamil Curiga

  Selasa, 11 Juni 2019   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Nur Khansa/ayobandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUG.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, angkat bicara soal kebakaran dua pasar besar di Kota Bandung yang terjadi berturut-turut dalam 3 minggu terakhir, yakni Pasar Kosambi dan Pasar Ujungberung.

Pria yang akrab disapa Emil tersebut mencurigai adanya upaya sistemik di belakang kejadian tersebut mengingat rentang waktu peristiwanya yang berdekatan.

AYO BACA : Breaking News: Kebakaran Melanda Pasar Ujungberung Minggu Malam

"Ya itu kan beritanya beruntun terus, kalau beruntun dalam waktu dekat jangan-jangan sistemik kan," ungkapnya ketika ditemui di Gedung Sate, Selasa (11/6/2019).

Untuk itu, dirinya meminta Pemerintah Kota Bandung untuk segera mendalami peristiwa tersebut dan melalukan audit pada pasar-pasar lainnya. 

AYO BACA : Pedagang Sudah Banyak Stok, Kerugian Kebakaran Pasar Kosambi Bisa Miliaran

"Jadi saya titip agar PD Pasar dan Pemkot Bandung untuk mengecek semua sisanya di luar Pasar Kosambi dan Ujungberung," jelasnya.

Untuk mencegah hal serupa terulang di wilayah Jabar, Emil mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan International Copper Asociation (ICA) atau Asosiasi Tembaga Internasional untuk mengaudit sekaligus mengamankan instalasi listrik di level rumah tangga.

"Kita sudah ada kerja sama dengan Asosiasi Tembaga Internasional, akan inspeksi mayoritas rumah-rumah di Jabar. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kabel dan instalasi (kualitas) rendah menyebabkan kebakaran, akibatnya ekomi tergganggu," tuturnya.

Untuk itu, dirinya berkeyakinan audit instalasi listrik secara berkala akan dapat meminimalisasi kebakaran.

"Ini sangat relevan untuk mengurangi potensi kebakaran," jelasnya. 

AYO BACA : Pasar Kosambi Kebakaran: Hampir 16 Jam Petugas Belum Mampu Padamkan Api

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar